Impor Mobil Tak Gentar Rupiah Melemah

Impor mobil hingga Agustus tahun ini melejit hingga membuat surplus neraca perdagangan semakin menipis. Pelemahan rupiah diproyeksikan tidak banyak mempengaruhi rencana importasi hingga akhir tahun ini.

Fatkhul Maskur

9 Okt 2023 - 19.53
A-
A+
Impor Mobil Tak Gentar Rupiah Melemah

Pameran GIIAS 2023. Permintaan pasar yang kuat mendorong impor mobil CBU. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA--Impor mobil hingga Agustus tahun ini melejit hingga membuat surplus neraca perdagangan semakin menipis. Pelemahan rupiah diproyeksikan tidak banyak mempengaruhi rencana importasi hingga akhir tahun ini.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan impor mobil dalam keadaan utuh pada periode Januari-Agustus 2023 meningkat signifikan 71,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 32.133 unit menjadi 55.150 unit.

Toyota memimpin importasi dengan jumlah mobil diimpor 21.908 unit (+78,3%), disusul Mitsubishi Motors sebanyak 13.509 unit (+61,5%), dan Suzuki sebanyak 6.427 unit (+252,4%).

Peningkatan importasi memastikan kontribusi ketiga merek terhadap total impor mobil CBU masing-masing membesar. Toyota mengontribusi 39,7% terhadap total impor, sementara Mitsubishi Motor sebesar 24,5%. Lonjakan impor Suzuki memastikan kontribusinya menjadi dua digit, yakni 11,7%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Impor Mobil Tak Gentar Rupiah Melemah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.