Free

Incar Insentif, Citroen Janji Investasi di Indonesia Tahun Ini

Stellantis N.V., perusahaan induk Automobiles Citroën, menunjuk Indomobil Group untuk menjalankan bisnis Citroen di Indonesia, termasuk memperkenalkan model-model Citroen mulai 2023.

Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra

1 Feb 2024 - 14.39
A-
A+
Incar Insentif, Citroen Janji Investasi di Indonesia Tahun Ini

Mobil Citroen C3 didatangkan dari India, adapun C4 dan C5 dikapalkan dari Prancis. - Foto Citroen

Bisnis, JAKARTA—Citroen, pabrikan mobil Prancis, memastikan investasi untuk perakitan lokal mobil listriknya pada tahun ini, setelah resmi kembali ke pasar Indonesia sejak akhir Oktober 2022.

Pada tahap awal, Citroen akan memanfaatkan insentif fiskal untuk mengimpor mobil secara utuh atau completely built up (CBU) untuk mobil listrik dalam memasarkan produknya di Tanah Air.

“Kami berharap pada 2024 ini produksi mobil listrik sudah bisa terlaksana. Rincian investasi belum bisa kami share saat ini,” kata CEO Citroen Indonesia Tan Kim Piauw kepada Bisnis, Rabu (31/1/2024).

Tan Kim Piauw mengatakan Citroen saat ini dalam proses penelitian dan perencanaan untuk menentukan nilai investasinya di Indonesia. Hal serupa juga masih dilakukan untuk skema produksi, hingga timeline untuk pembangunan fasilitas manufaktur.

Tan mengatakan Citroen akan lebih fokus pada penyediaan kendaraan ramah lingkungan yang mampu memenuhi kebutuhan, serta kenyamanan dari para konsumennya.

Prospek asar mobil listrik lokal dinilai masih sangat cerah seiring adanya dukungan pemerintah yang menciptakan regulasi untuk mendorong penggunaan teknologi tersebut.

Kebijakan insentif, infrastruktur pengisian daya atau charging station, dan kesadaran masyarakat terhadap mobil listrik dinilai akan terus mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu.

Citroen, produsen otomotif asal Prancis yang sempat bersinar di Indonesia pada era 1960 sampai 1990-an, mengumumkan kembalinya ke pasar Indonesia pada Oktober 2022.

Stellantis N.V., perusahaan induk Automobiles Citroën, menunjuk Indomobil Group untuk menjalankan bisnis Citroen di Indonesia, termasuk memperkenalkan model-model Citroen mulai 2023.

Perjanjian Kemitraan ini ditandatangani pada 20 April 2021, yang menetapkan bahwa PT Indomobil Wahana Trada, anak perusahaan Indomobil Group, akan menangani distribusi dan penjualan produk Citroën di Indonesia.

Kala itu, Brand Chief Executive Officer Citroen (2022-2023) Vincent Cobée mengungkapkan, tiga mobil Citroën yang akan dibawa ke Indonesia, yakni C5 Aircross, e-C4, dan New C3.

"Sebagai awalan, kami akan membawa tiga produk, yaitu Citroen New C3, C5 Aircross, dan mobil listrik E-C4," ungkap Vincent dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Adapun, e-C4 yang dikatakan sebagai unit full battery ini memiliki kapasitas 50 kWh yang diklaim memiliki jangkauan hingga 357 km dengan efisiensi 173 kWh per kilometer, dengan kecepatan akselarasi tertinggi dapat mencapai 150 kilometer per jam.

C5 Aircross merupakan mobil SUV berbasis plug-in hybrid (PHEV) yang menawarkan kinerja optimal berkat motor listrik 81 kW, dipadukan dengan mesin bensin PureTech 180 untuk menghasilkan output daya 225 hp dan torsi kumulatif 360 Nm.

Sementara itu, untuk New C3 dikabarkan memiliki dua varian, yaitu C3 yang dipadukan dengan PureTech 82 dan PureTech 110.

Mobil Citroen C3 didatangkan dari India, adapun C4 dan C5 dikapalkan dari Prancis. Status impor utuh (CBU) membuat harga Citroen menjadi lebih mahal.

Sejauh ini, penjualan mobil Citroen juga belum terekam dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Peluang bagi Citroen untuk menghadirkan model impor dengan harga yang lebih bersaing itu terbuka setelah pemerintah menerbitkan skema insentif baru.

Pemerintah resmi memberikan insentif CBU  mobil listrik yang berlaku sampai dengan 31 Desember 2025 melalui Peraturan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal No.6 Tahun 2023.

Insentif yang diberikan berupa pembebasan tarif bea masuk, dan PPnBM ditanggung pemerintah. Namun, pabrikan harus memiliki komitmen investasi berupa pembangunan fasilitas produksi untuk memanfaatkan insentif ini.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.