India Teken FTA dengan Eropa Plus Jaminan Investasi US$100 Miliar

India bakal segera menandatangani perjanjian perdagangan bebas dengan empat negara Eropa dengan imbalan peluang investasi senilai US$100 miliar.

Nindya Aldila

8 Feb 2024 - 20.20
A-
A+
India Teken FTA dengan Eropa Plus Jaminan Investasi US$100 Miliar

Ilustrasi (Canva)

Bisnis, JAKARTA - India tengah menunggu finalisasi investasi dari negara Eropa senilai US$100 miliar untuk 15 tahun ke depan. Hubungan ini akan memberi keuntungan bagi Eropa untuk menembus pasar dengan populasi terbesar di dunia ini. 

Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (EFTA) yang terdiri dari Norwegia, Islandia, Liechtenstein, dan Swiss telah menghasilkan komitmen pakta perdagangan dengan India. Hal ini diungkapkan oleh sumber yang mengetahui hal ini, seperti dikutip Bloomberg pada Minggu (8/2/2024).

Investasi ini diyakini akan menciptakan 1 juta pekerjaan di India dengan menyasar proyek yang sedang berjalan, dan pembangunan manufaktur baru. Investasi akan didukung baik dari perusahaan BUMN maupun swasta. 

Meski India menginginkan nilai investasi senilai US$100 miliar untuk 15 tahun ke depan sebagai bagian dari perjanjian, tetapi salah satu anggota EFTA mengungkapkan nilai itu hanya sebagai target tanpa dapat diklaim dalam perjanjian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.