Indonesia di Ambang Era Baru Tambang Batu Bara Bawah Tanah

Kendati memiliki tantangan berupa biaya investasi yang relatif besar, teknologi yang makin canggih, dan ketersediaan sumber daya manusia, tetapi tambang bawah tanah memiliki peluang pengurangan risiko dampak lingkungan yang lebih kecil dari tambang permukaan.

Ibeth Nurbaiti

26 Des 2023 - 19.14
A-
A+
Indonesia di Ambang Era Baru Tambang Batu Bara Bawah Tanah

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan kegiatan produksi pertama tambang bawah tanah PT Sumber Daya Energi (SDE), perusahaan tambang bawah tanah yang terafiliasi dengan Qinfa Group Ltd. pada Senin (18/12/2023) di tambang SDE 1, Kotabaru, Kalimantan Selatan - Dok. PT Sumber Daya Energi

Bisnis, JAKARTA — Kian tergerusnya cadangan batu bara di dekat permukaan membuka peluang besar meningkatnya kegiatan tambang bawah tanah di Indonesia. Terlebih, risiko dampak lingkungan dari penambangan bawah tanah dinilai lebih kecil dibandingkan dengan kegiatan tambang permukaan atau tambang terbuka. 

Secara potensi, berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, batu bara bawah tanah di Indonesia juga masih sangat besar. Di Barito & Asam-Asam Basins, salah satunya, yang dengan 6 blok yang ada terdapat total potensi batu bara sebanyak 530.711 MTon.

Selain itu, juga ada potensi besar di Kutai dan Tarakan Basins, yakni dari 13 blok yang ada terdapat potensi batu bara sebesar 12.344.515 MTon, dan di South Sumatra Basins dari 20 blok yang ada terdapat potensi batu bara dengan total 20.658.330 MTon.

Tak heran jika ke depannya, tren tambang bawah tanah diproyeksikan akan makin banyak di Indonesia. “Tren tambang bawah tanah akan semakin banyak di masa depan mengingat semakin sedikitnya cadangan dekat permukaan,” kata Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Bidang Tata Kelola Minerba, Kementerian ESDM Irwandy Arif dalam keterangannya, dikutip Selasa (26/12/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Indonesia di Ambang Era Baru Tambang Batu Bara Bawah Tanah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.