Indonesia di Tengah Pusaran Konflik China-Taiwan

Potensi terjadinya blokade perdagangan atas jalur laut dan udara tentu akan membuat Indonesia kian tertekan mengingat jalur itu adalah jalur yang sangat memengaruhi hajat hidup ekonomi negara.

Yusuf Waluyo Jati
Aug 4, 2022 - 3:22 PM
A-
A+
Indonesia di Tengah Pusaran Konflik China-Taiwan

Krisis politik China vs Amerika Serikat/Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Indonesia. Zamrud Khatulistiwa. Negeri kepulauan nan tenang dan damai, berbentang lautan mahaluas, tengah ditantang oleh perubahan geopolitik Asia Pasifik yang kian keras dan memanas. Pemicunya adalah bara konflik militer terbuka antara China dan Taiwan.

Permusuhan di antara kedua negara ‘sepersusuan’ itu belakangan tambah gaduh akibat ‘provokasi disengaja’ oleh Amerika Serikat. Pada Selasa (2/8/2022), Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan.

Orang awam sekalipun sulit untuk mengelak fakta bahwa kunjungan Pelosi ke Negeri Formosa itu tak mungkin tak ada agenda terselubung. Hal ini terlihat dari pesawat sipil Pelosi yang mendapat pengawalan khusus jet tempur baik dari AS maupun Taiwan. 

Bila hal itu sekadar kunjungan biasa, untuk apa ada pengawalan khusus dengan 8 unit jet tempur F-15 dan pesawat tanker serta MIG-2000 Taiwan demi mengamankan Pelosi hingga mendarat selamat sampai Bandara Songshan, Taiwan?

Editor: Yusuf Waluyo Jati
company-logo

Lanjutkan Membaca

Indonesia di Tengah Pusaran Konflik China-Taiwan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ