Indonesia Incar Semikonduktor AS untuk Tanamkan Investasi

Indonesia mulai agresif membidik pemain semikonduktor asal Amerika Serikat sekelas Intel, Qualcomm, dan Nvidia untuk menanamkan modal di Indonesia sejalan dengan dirilisnya UU tentang semikonduktor dengan total insentif senilai US$50 miliar.

Nindya Aldila
Sep 23, 2022 - 9:59 AM
A-
A+
Indonesia Incar Semikonduktor AS untuk Tanamkan Investasi

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Perwakilan Dagang AS Katherine Tai, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang di sela-sela pertemuan G20 Trade, Investment and Industry Ministerial Meeting (TII - MM) di Nusa Dua Bali, Kamis (22/9/2022) / Dok. Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Indonesia mulai agresif untuk menggaungkan potensi pembangunan industri semikonduktor di Indonesia kepada Amerika Serikat, sejalan dengan dirilisnya UU tentang semikonduktor atau CHIPS Act dengan total insentif senilai US$50 miliar.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang sudah beberapa kali terlibat dalam diskusi dengan Perwakilan Perdagangan AS, Duta Besar Katherine Tai.

Sebelumnya, ketiganya bertemu dalam Indo-Pacific Economic Framework Ministerial Meeting (IPEF-MM) pada 8 September di Los Angeles. Setelah itu, ketiganya bertemu lagi di sela-sela pertemuan G20 Trade, Investment and Industry Ministerial Meeting (TII - MM) di Nusa Dua Bali, pada Kamis (22/9/2022). 

Dalam pertemuan kemarin, Airlangga dan Agus membahas peluang kerja sama Indonesia-Amerika Serikat di sektor industri, khususnya yang terkait dengan semikonduktor.

Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini