Indonesia Masuk Daftar Hitam Ekspor Impor Paman Sam

Indonesia masuk ke dalam daftar pengawasan prioritas atau Priority Watch List dalam laporan berjudul 2023 Special 301 Report yang dirilis oleh United States Trade Representative (USTR), beberapa waktu lalu. Hal ini sebagai akibat adanya hambatan bagi produk AS beredar di Indonesia.

Tegar Arief Fadly

29 Feb 2024 - 12.56
A-
A+
 Indonesia Masuk Daftar Hitam Ekspor Impor Paman Sam

Foto udara kondisi tempat penyimpanan petikemas di pelabuhan IPC Terminal Petikemas ( IPC TPK ), Tanjung Priok, Jumat (20/10/2023). Bisnis-Adam Rumansyah

Bisnis, JAKARTA - Indonesia kembali berseteru dengan Amerika Serikat. Setelah sempat memanas dalam hubungan perdagangan barang tidak berwujud hingga ke World Trade Organization, kini Negeri Paman Sam kembali menyoal kebijakan perniagaan nasional, terutama dalam kaitan penggunaan hak kekayaan intelektual sebagai alat pengendalian perdagangan.

Tak pelak, Indonesia masuk ke dalam daftar pengawasan prioritas atau Priority Watch List dalam laporan berjudul 2023 Special 301 Report yang dirilis oleh United States Trade Representative (USTR), beberapa waktu lalu.

Masuknya Indonesia ke dalam daftar pengawasan tersebut menandakan bahwa ada hambatan dari sisi kebijakan maupun praktik regulasi di Tanah Air sehingga merugikan Amerika Serikat (AS).

Dalam laporan tersebut, USTR memandang pemegang hak cipta asal AS menghadapi tantangan di Indonesia sehubungan dengan perlindungan dan penegakan hak kekayaan intelektual (HKI) yang memadai dan efektif, serta akses pasar yang adil dan merata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Indonesia Masuk Daftar Hitam Ekspor Impor Paman Sam

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.