Free with Login

Indonesia Miliki Situs Prasejarah Tertua di Sulsel

Karst Maros-Pangkep di Sulawesi Selatan kaya akan situs seni cadas yang terkenal sebagai lukisan gua tertua yang berusia lebih dari 40.000 tahun.

Redaksi

9 Jul 2024 - 22.31
A-
A+
Indonesia Miliki Situs Prasejarah Tertua di Sulsel

Tim dari Badan Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX melakukan kajian pada lukisan dinding gua prasejarah di Bulu Sipong, Pangkep, Sulawesi Selatan./Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Indonesia memiliki situs lukisan gua tertua di dunia di wilayah Bulu Sipong IV, Pangkep, Sulawesi Selatan. Situs ini tengah dikonservasi dan menjadi bagian dari situs prasejarah di dunia. 

Akademisi Universitas Hasanuddin, Yadi Mulyadi menyampaikan, Karst Maros-Pangkep di Sulawesi Selatan kaya akan situs seni cadas yang terkenal sebagai lukisan gua tertua di dunia. Pada menara karst terdapat banyak tempat tinggal atau perlindungan alami yang dibuat dari bebatuan dengan gambar binatang dan manusia berusia lebih dari 40.000 tahun. Daerah sekitarnya juga memiliki situs-situs yang menyimpan peralatan kuno terbuat dari batu. 

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh PT Semen Tonasa bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan (kini Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX) dan Badan Pengelola Geopark Maros-Pangkep pada 2018, didapati bahwa beberapa situs prasejarah tersebut di antaranya berada dalam konsesi tambang tanah liat yang dikelola oleh anak perusahaan PT Semen Indonesia Tbk. (Persero), PT Semen Tonasa.

Emiten berkode SMGR ini pun melakukan konservasi warisan arkeologi dan budaya di Bulu Sipong IV, Pangkep, Sulawesi Selatan tersebut. SPAFA International Conference on Southeast Asian Archaeology and Fine Arts (SPAFACON) 2024 mengapresiasi upaya konservasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.