Indonesia Power Perkuat Pemanfaatan Biomassa Pakai Uang Kertas

PT PLN Indonesia Power memperkuat pemanfaatan biomassa sebagai bahan bakar pengganti batu bara atau co-firing, dengan memanfaatkan berbagai limbah dari kayu hingga uang kertas sebagai bahan bakar rendah emisi.

Rayful Mudassir

13 Feb 2024 - 14.41
A-
A+
Indonesia Power Perkuat Pemanfaatan Biomassa Pakai Uang Kertas

Bisnis, JAKARTA - PT PLN Indonesia Power memperkuat pemanfaatan biomassa sebagai bahan bakar pengganti batu bara atau co-firing, dengan memanfaatkan berbagai limbah dari kayu hingga uang kertas sebagai bahan bakar rendah emisi.


Penggunakan co-firing atau biomassa diterapkan pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Adipala Cilacap, Jawa Tengah. Teranyar, pembangkit itu menggunakan limbah racik uang kertas (LRUK) hingga 100 ton. Langkah itu membawa PLN IP meraih rekor MURI terkait penggunaan limbah racik uang kertas terbanyak untuk dijadikan co-firing.  


Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan bahwa pihaknya terus akan mengejar target bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen di tahun 2025, salah satunya melalui program co-firing, termasuk di PLTU Adipala. 


Program ini dijadikan sebagai salah satu green booster dalam program percepatan peningkatan energi terbarukan dengan minimum investasi dikarenakan menggunakan fasilitas yang sudah ada.


“PLN Indonesia Power terus lakukan manuver untuk mencapai target bauran EBT di tahun 2025. Selain terus menggali potensi EBT di Indonesia, kami juga jalankan program co-firing yang dijadikan sebagai salah satu green booster dalam program percepatan peningkatan energi terbarukan,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (13/2/2024). 


Saat ini PLTU Adipala terus menaikan target tonase dan kWh green untuk co-firing hingga 5 persen. Maka dari itu diperlukan tambahan material bahan bakar dari berbagai jenis biomassa, salah satunya adalah pemanfaatan LRUK yang bekerja sama dengan Bank Indonesia Purwokerto pada 2023.


Baca juga: 

Indonesia Power Pacu Pengembangan PLTS Hijaunesia Pada 2024

Siasat PLN Indonesia Power Bangun Pembangkit Hijau Terbesar RI

PLN dan JERA Jepang Jajaki Kerja Sama Bisnis LNG Hingga Hidrogen Hijau


Berdasarkan data Bank Indonesia Tahun 2021, rata-rata LRUK yang dihasilkan hampir mencapai 6.000 Ton per Tahun. Nilai kalori LRUK cukup tinggi yaitu 3.901 kCal/kg (ar), jika dibandingkan dengan biomassa sawdust yaitu sekitar 2.500 kCal/kg (ar). Dalam setahun, limbah tersebut dapat menghasilkan energi hingga 25.201,9 MWh. 


Sementara itu, Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mengatakan, PLTU Adipala kini terus berinovasi untuk menjadi PLTU yang lebih hijau dan ramah lingkungan dengan memanfaatkan Biomassa sebagai bahan bakarnya, sehingga emisi yang dihasilkan dapat terus ditekan di tengah kebutuhan energi khususnya listrik yang terus meningkat.


"Kita dorong terus dan kita upayakan PLTU Adipala ini dapat mencapai 100 persen co-firing biomassa seperti 4 PLTU lainnya yang telah mencapai 100 persen," ujarnya.


Di samping itu, Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Wanhar mengungkapkan dalam menerapkan co-firing PLTU Adipala telah melakukan inovasi dengan memanfaatkan berbagai sumber biomassa. Dimulai dari kayu hasil sebuk gergaji hingga limbah racik uang kertas.




"PLTU Adipala dalam kondisi yang sangat baik, satu hal yang memang saya apresiasi adalah program dimana program Pemerintah ini sudah dilaksanakan oleh PLN IP dengan baik termasuk PLTU adipala. Dimana saat ini PLTU Adipala sudah melakukan program cofiring, dengan menggunakan limbah limbah, baik dari gergajian kayu maupun limbah uang kertas, ini menarik," jelasnya.


Menurut Wanhar, pemanfaatan LRUK merupakan terobosan terbaru dan pasokannya terjamin, sebab berdasarkan data Bank Indonesia, dalam satu tahun ada 6.000 ton LURK. "Mudah-mudahan akan menjadi alternatif biomassa yang akan memenuhi co-firing di PLTU Adipala," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.