Industri Alas Kaki (Tak) Gentar Hadapi Resesi

Performa ekspor produk alas kaki Indonesia tetap menunjukkan pertumbuhan di tengah pandemi Covid-19, meski laju kenaikan pada tahun lalu melambat.

Fatkhul Maskur

22 Jan 2023 - 23.30
A-
A+
Industri Alas Kaki (Tak) Gentar Hadapi Resesi

Sepatu kulit buatan Indonesia. - Foto Kemenperin

Bisnis, JAKARTA - Kinerja industri alas kaki bertumbuh positif pada kuartal ketiga 2022 dengan produk domestik bruto (PDB) atas dasar harga konstan (ADHK) yang mencapai Rp7,87 triliun, kendati banyak perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, angka tersebut meningkat 13,44 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy) yang mencapai Rp6,94 triliun. PDB industri alas kaki, termasuk produk kulit dan barang dari kulit, secara konsisten bertumbuh sejak 2021.

Kinerja industri alas kaki sempat terkontraksi selama lima kuartal berturut-turut, yaitu sejak kuartal keempat 2019 hingga kuartal akhir 2020. Hal ini terjadi salah satunya lantaran adanya pandemi Covid-19. Namun, kinerjanya kemudian berbalik arah membaik dan konsisten tumbuh sejak kuartal pertama 2021. Pertumbuhan tertinggi terjadi pada kuartal ketiga 2021 yang mencapai 18,12% (yoy). 

Industri alas kaki, termasuk produk kulit dan barang dari kulit, merupakan sektor manufaktur nonmigas penyumbang PDB terbesar ke-13. Kontribusi sektor ini masih di bawah industri mesin dan perlengkapan, namun lebih besar dari industri furnitur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.