Industri Asuransi Tangkap Peluang Bisnis Kendaraan Listrik

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengakui industri asuransi juga dapat menjaring peluang dari pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Lantas seberapa besar potensi tersebut?

Denis Riantiza Meilanova & Rinaldi Mohammad Azka

22 Sep 2022 - 17.35
A-
A+
Industri Asuransi Tangkap Peluang Bisnis Kendaraan Listrik

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) komersial pertama Pertamina di SPBU Fatmawati sudah mulai beroperasi, Kamis (10/12/2020). /ANTARA

Bisnis, JAKARTA— Pengembangan kendaraan bermotor listrik di Indonesia yang semakin masif bisa memberikan peluang bagi industri asuransi umum. Meski peluang itu tetap harus dicermati secara hati-hati mengingat risiko tinggi dari kendaraan listrik.

Peluang tersebut juga diakui oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Wakil Ketua AAUI Bidang Teknik 3 Delil Khairat mengatakan, asuransi untuk segmen kendaraan listrik memang perlu dicermati seiring dengan kebijakan pemerintah yang terus mendorong pengembangan kendaraan ramah lingkungan. 

“Pemerintah juga mencanangkan Indonesia dapat menjadi pemain penting dalam supply chain baterai untuk kendaraan listrik. Dari sisi asuransi, kami perlu optimistis dengan peluang ini.” ujar Delil, Rabu (21/9/2022).

Namun, menurutnya peluang itu juga perlu dicermati dengan hati-hati, mengingat risiko dari kendaraan listrik yang tentunya berbeda dengan risiko pada kendaraan bermotor konvensional. “Kendaraan listrik itu membawa risiko yang beda dari konvensional sehingga cara kami cover [beri perlindungan] dan pricing [premi] perlu pertimbangan secara lebih spesifik,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.