Industri Aviasi Bersiap Jelang Moto GP

Pesawat-pesawat berlorong ganda akan dikerahkan selama pelaksanaan Moto GP di Sirkuit Mandalika, Lombok. Fasilitas Bandara Internasional Lombok Praya juga dibenahi.

Anitana Widya Puspa

14 Jan 2022 - 17.30
A-
A+
Industri Aviasi Bersiap Jelang Moto GP

Pesawat Super Air Jet saat tiba di Bandara Lombok Praya/Antara

Bisnis, JAKARTA – Sejumlah maskapai dikabarkan akan mengerahkan pesawat berlorong ganda untuk mengangkut penumpang dari Denpasar ke Lombok dan sebaliknya selama perhelatan Moto GP 2022 di Sirkuit Mandalika pada Maret. 

Rencana maskapai itu disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (13/1/2022). Tanpa menyebut nama maskapai, dia mengatakan pesawat-pesawat wide body akan melayani penerbangan ulang-alik Denpasar-Lombok pada pukul 05.00 hingga 09.00 WITA dengan perkiraan penumpang 4.000 orang selama pelaksanaan moto GP.

Terminal penumpang Bandara Internasional Lombok telah diperluas menjadi 43.501 meter persegi dengan kapasitas 7 juta penumpang per tahun, Apron bandara kini dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 6 pesawat berlorong ganda dan 10 pesawat berlorong tunggal. Bandara pun memiliki landas pacu (runway) sepanjang 3.300 meter yang bisa didarati pesawat berbadan lebar jenis Boeing 777. 

Untuk melancarkan mobilitas dari bandara ke Sirkuit Mandalika, Kemenhub menyiapkan sejumlah bus shuttle yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah peserta, tim official, dan penonton yang terdaftar. 

“Lewat sejumlah antisipasi tersebut, kami mengharapkan pergerakan peserta, official, penonton, dan penanganan kargo, bisa ditampung dengan baik di bandara ini,” katanya, Kamis (13/1/2022). 

Salah satu maskapai yang akan menyiapkan pesawat berlorong ganda adalah Garuda Indonesia. Direktur Utara PT Garuda Indonesia Tbk. Irfan Setiaputra mengatakan maskapai yang dipimpinnya akan menambah jadwal penerbangan komuter Denpasar-Lombok dengan menggunakan pesawat jumbo. 

"Jumlah tepatnya masih kami koordinasikan," katanya.

Rencana pembukaan penerbangan komuter Denpasar-Lombok sebelumnya dikemukakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk mengantisipasi keterbatasan kapasitas akomodasi di Lombok selama pelaksanaan Moto GP selama 18 hingga 20 Maret.

Dia menjelaskan shuttle flight itu akan melayani wisatawan yang menginap di Nusa Dua, Bali. 

“Kami sediakan shuttle flight dari Bali ke Mandalika yang sudah di-bundle dalam satu paket agar kapasitas di Lombok yang sudah mencapai tingkat keterisian 100 persen bisa ditampung kebutuhannya tinggal di Bali,” kata Sandi (Selasa, 11/1/2022).

Tak hanya menambah armada penerbangan Denpasar-Lombok, Komandan Lapangan Moto GP Mandalika Hadi Tjahjanto mengatakan frekuensi penerbangan dari kota lain menuju Lombok akan ditambah, misalnya dari Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Sementara itu, Sulawesi Selatan berharap mampu menangkap sekitar 5.000 pengunjung Moto GP dari pembukaan penerbangan langsung Lombok-Makassar. 

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel Andry Arief Bulu mengatakan hotel-hotel dan objek wisata di Sulsel siap menampung pengunjung Moto GP.  

Menurutnya, dengan jumlah kunjungan ke Mandalika mencapai 100.000 orang selama ajang balapan internasional itu digelar, Lombok akan penuh. Itu pun belum termasuk para fans Moto GP di Makassar dan sekitarnya. 

"Itu jumlah yang besar untuk ditampung di Lombok. Jadi, [limpahan pengunjung] akan sampai ke Bali dan Mataram, serta daerah terdekat di luar Jawa-Bali, yaitu di Sulsel," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo hari ini meninjau fasilitas Bandara Lombok yang akan didarati oleh peserta dan penonton Moto GP, seperti pos pemeriksaan suhu dan kartu kewaspadaan kesehatan elektronik atau e-HAC, pos pemeriksaan dokumen imigrasi, pengambilan bagasi, dan pos pemeriksaan bea cukai. 

"Saya lihat semuanya yang berkaitan dengan protokol kesehatan, yang terkait dengan cek untuk PCR, cek bahwa sudah vaksin dua kali, semuanya urut-urutannya sudah bagus,” ujar Jokowi. 

Suasana di terminal keberangkatan Lombok International Airport (LIA) di Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (16/2/2019)./Antara

BANDARA TUNTAS

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I memastikan pembenahan Bandara Lombok Praya untuk menyambut Moto GP Mandalika telah tuntas. 

"Pengembangan tersebut mencakup perluasan terminal penumpang, perluasan apron, perpanjangan landas pacu, dan pengembangan fasilitas kargo," kata Direktur Utama AP I Faik Fahmi, Sabtu (8/1/2022). 

Selain mempersiapkan dari sisi konektivitas udara, AP I menyiapkan mitigasi risiko yang dapat memengaruhi kelangsungan perhelatan Moto GP, seperti overcapacity dan cuaca buruk yang menyebabkan pesawat tidak dapat mendarat. 

Di sisi lain, untuk mencegah penyebaran varian Omicron dari pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) selama Moto GP dilaksanakan, prosedur karantina disiapkan. 

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Suharyanto mengatakan, dalam kurun satu jam, PPLN harus sudah berpindah dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar ke lokasi karantina untuk menghindari kerumunan di bandara. 

"Jangan sampai PPLN menunggu terlalu lama," katanya. 

Selain itu, untuk meminimalkan kontak, jalur masuk antara pengunjung umum dengan pasien karantina harus dibedakan. 

Kepala BNPB juga meminta pengawasan ketat pasien karantina oleh tenaga kesehatan dengan kunjungan langsung nakes ke lokasi karantina minimal 2 kali sehari. Selama kunjungan, dokter akan mengecek kesehatan para pasien karantina. 

Petugas hotel dan wisma yang menjadi lokasi karantina pun harus mengawasi secara saksama agar tidak ada pasien yang meninggalkan ruangan selama karantina berlangsung. (Nugroho Nafika Kassa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Sri Mas Sari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.