Industri Cokelat Makin Cerah, Pasok Bahan Baku Malah Melemah

Bahan baku merupakan tantangan terbesar industri pengolahan. Sementara produksi kakao mengalami penurunan, tidak sedikit biji kakao yang diekspor secara mentah.

Fatkhul Maskur

1 Jan 2024 - 14.39
A-
A+
Industri Cokelat Makin Cerah, Pasok Bahan Baku Malah Melemah

Produk cokelat. Indonesia memiliki 900 perusahaan industri pengolahan cokelat dengan kapasitas terpasang 462.126 ton per tahun. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA—Indonesia semakin berpeluang menjadi salah satu pemasok produk cokelat ke pasar global seiring dengan masuknya 11 pabrikan terkemuka dunia. Hanya saja, pasokan bakan baku lokal justru melemah.

Indonesia merupakan eksportir produk kakao olahan terbesar ketiga dunia dan berkontribusi pada pasar global sebesar 9,17%.

Berdasarkan data trademap.org, ekspor produk cocoa liquor, cocoa butter, cocoa cake, dan cocoa powder pada 2022 sebesar 336.775 ton atau 80% dari total produksi nasional, yang diekspor ke 96 negara.

Selain produk kakao olahan, produk cokelat juga sudah mulai menunjukkan kinerjanya melalui kontribusi ekspor sebesar US$76,9 juta. Nilai ekspor produk cokelat 2022 meningkat 9,59% dibandingkan dengan capaian pada 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Industri Cokelat Makin Cerah, Pasok Bahan Baku Malah Melemah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.