Industri CPO RI Terdongkrak Permintaan Tinggi China

Salah satu kesepakatan penting dari pertemuan kedua negara itu adalah komitmen Negeri Tirai Bambu menambah impor produk CPO RI sebesar 1 juta ton. Jumlah ini makin mengukuhkan China sebagai pasar ekspor terbesar untuk komoditas tersebut.

Rayful Mudassir
Jul 28, 2022 - 7:14 PM
A-
A+
Industri CPO RI Terdongkrak Permintaan Tinggi China

Bisnis, JAKARTA - Lawatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Beijing pada pekan ini memberikan secercah harapan baru bagi peningkatan ekspor minyak sawit mentah alias crude palm oil (CPO) Indonesia. Situasi ini diyakini berdampak terhadap harga jual sawit di pasar domestik. 

Saat bertandang ke China pada Selasa (26/7/2022), Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang. Jokowi menjadi pemimpin negara pertama yang disambut pemerintah China setelah lama menjalani lockdown akibat gelombang lanjutan Covid-19. 

Salah satu kesepakatan penting pertemuan kedua negara itu adalah komitmen Negeri Tirai Bambu menambah impor produk CPO RI sebesar 1 juta ton. Jumlah ini makin mengukuhkan China sebagai pasar ekspor terbesar untuk komoditas tersebut. 

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Ekspor komoditas itu ke China mencapai 4,7 juta ton pada 2021. Angka tersebut setara dengan 17,55 persen dari total ekspor produk CPO ke negara itu.

Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Industri CPO RI Terdongkrak Permintaan Tinggi China

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ