Industri Reksa Dana Bersiap Menuju Fase Kedewasaan Baru

Rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberlakukan pemeringkatan terhadap produk reksa dana dan manajer investasi akan berimbas positif terhadap industri secara keseluruhan.

Emanuel Berkah Caesario

22 Mar 2022 - 21.27
A-
A+
Industri Reksa Dana Bersiap Menuju Fase Kedewasaan Baru

ilustrasi investasi reksa dana

Bisnis, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuka wacana baru dalam rangka penguatan pasar modal, khususnya industri reksa dana, yakni pemberlakukan pemeringkatan atas produk reksa dana dan manajer investasi. Seberapa besar efeknya bagi peningkatan kinerja industri?

Industri reksa dana akhir-akhir ini tumbuh relatif terbatas, baik dari sisi dana kelolaan maupun jumlah produknya. Pada akhir tahun 2021 lalu, total nilai aktiva bersih (NAB) atau asset under management (AUM) industri reksa dana tercatat Rp580 triliun, hanya naik 1,1 persen dibanding tahun 2020.

Per Februari 2022, nilainya malah turun menjadi Rp570,8 triliun, atau turun 1,6 persen year-to-date (YtD). Dalam beberapa tahun terakhir, tingkat pertumbuhan AUM reksa dana umumnya kurang dari 10 persen.

Sementara itu, jumlah produknya per Februari 2022 mencapai 2.195 produk, juga turun dibanding akhir 2021 yang sebanyak 2.198 produk. Dalam 3 tahun terakhir, jumlah produk reksa dana ini hanya bertambah sekitar 100 produk baru saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Industri Reksa Dana Bersiap Menuju Fase Kedewasaan Baru

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.