Inflasi AS Agustus Terdongkrak Harga BBM

Inflasi di Amerika Serikat naik seiring dengan harga energi yang terdongkrak. Namun, tren melandainya inflasi inti diyakini menjadi sinyal untuk bank sentral AS mempertahankan suku bunga acuan.

Nindya Aldila

13 Sep 2023 - 20.24
A-
A+
Inflasi AS Agustus Terdongkrak Harga BBM

Ilustrasi BBM di Amerika. (Freepik)

Bisnis, JAKARTA - Inflasi di Amerika Serikat naik seiring dengan harga energi yang terdongkrak. Namun, tren melandainya inflasi inti diyakini menjadi sinyal untuk bank sentral AS mempertahankan suku bunga acuan.

Sebagaimana diketahui, laporan indeks harga konsumen atau IHK dari Departemen Tenaga Kerja pada Rabu malam ini (13/9/2023) akan dipublikasikan seminggu sebelum keputusan suku bunga Federal Reserve (The Fed). 

Departemen Tenaga Kerja AS mengumumkan IHK pada Agustus 2023 tercatat naik 3,7 persen (year-on-year/YoY) dan naik 0,6 persen secara bulanan. Angka itu sesuai dengan ekspektasi Dow Jones yang memprediksi kenaikan 3,6 persen dan 0,6 persen. 

Ekonom senior di Wells Fargo di Charlotte, Sam Bullard, mengutarakan bahwa data inflasi akan menjadi gambaran yang beragam, dengan inflasi umum yang meningkat karena harga bensin yang lebih tinggi dan inflasi inti yang tetap terkendali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.