Inflasi Bayangi Kinerja Emiten Konsumer, Investor Perlu Waspada

Peningkatan inflasi berpotensi mengganggu kinerja sejumlah emiten di sektor consumer non-cyclicals. Investor perlu lebih waspada dalam memilih saham-saham di sektor ini sembari memantau perkembangan kondisi ekonomi domestik.

Emanuel Berkah Caesario

1 Agt 2022 - 18.43
A-
A+
Inflasi Bayangi Kinerja Emiten Konsumer, Investor Perlu Waspada

Ilustrasi inflasi barang konsumsi. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Laju inflasi domestik yang perlahan meningkat bakal mengancam keberlanjutan kinerja positif dari sejumlah emiten sektor barang konsumsi dan ritel, terutama akibat pelemahan daya beli dan tingginya harga bahan baku serta biaya produksi.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan tingkat inflasi pada Juli 2022 secara tahunan mencapai 4,94 persen (year-on-year/ YoY). Inflasi tersebut merupakan yang tertinggi sejak Oktober 2015 yang saat itu menyentuh 6,25 persen YoY.

Secara bulanan, BPS mencatat tingkat inflasi pada Juli 2022 mencapai 0,64 persen (month-to-month/ MtM), lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang mencapai 0,61 persen MtM. Sementara itu, secara tahun berjalan, tingkat inflasi pada periode tersebut mencapai 3,85 persen MtM.

BPS mencatat penyumbang utama inflasi Juli secara bulanan lebih disebabkan oleh kenaikan harga cabai merah, tarif angkutan udara, bawang merah, bahan bakar rumah tangga, dan cabai merah. Berdasarkan komponennya, inflasi pada Juli 2022 didorong oleh komponen harga bergejolak atau volatile food dengan andil sebesar 0,25 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.