Inflasi dan Investasi

Ketika jumlah uang yang beredar di masyarakat tinggi, maka inflasi bisa terjadi. Hal ini dikarenakan ketika jumlah uang di masyarakat meningkat, harga barang akan ikut mengalami kenaikan. Karena kenaikan daya beli masyarakat sedangkan stok barang statis, maka harga barang akan ikut naik.

Redaksi

2 Nov 2023 - 06.59
A-
A+
Inflasi dan Investasi

Ilustrasi

Tekanan inflasi kembali mengancam seiring dengan fluktuasi harga komoditas hingga harga pangan memasuki kuartal keempat tahun ini.

Badan Pusat Statistik (BPS) pun mencatat inflasi pada periode Oktober 2023 mencapai 2,56% secara tahunan (year-on-year/YoY), naik dibandingkan dengan bulan sebelumnya 2,28%.

Inflasi inti tetap terjaga rendah. Inflasi inti pada Oktober 2023 tercatat sebesar 0,08% (bulanan/MtM), lebih rendah dari inflasi pada bulan sebelumnya sebesar 0,12% (MtM). Realisasi inflasi inti tersebut terutama disumbang oleh inflasi komoditas emas perhiasan dan sewa rumah.

Secara tahunan, inflasi inti Oktober 2023 tercatat sebesar 1,91% (YoY), lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya sebesar 2,00% (YoY).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.