Inflasi Global Lalui Titik Puncak, Biaya Hidup Masih Krisis

Meski belum ada sinyal yang menunjukkan penurunan inflasi, indikasi puncak inflasi di Eropa mulai memberi kelegaan dalam bernapas. Lantas bagaimana Asia, terutama Indonesia?

Saeno

20 Jan 2023 - 20.55
A-
A+
Inflasi Global Lalui Titik Puncak, Biaya Hidup Masih Krisis

Meski inflasi global diyakini sudah melalui titik tertinggi, penyelesaian krisis pangan dinilai masih panjang./wfp.org-ilustrasi

Bisnis, JAKARTA – Puncak inflasi di negara maju diprediksi sudah tercapai. Setelah AS yang mencatatkan penurunan inflasi sejak Juli 2022, Eropa diprediksi sudah sampai pada titik tertinggi inflasi. Meski belum ada sinyal yang menunjukkan penurunan inflasi, indikasi puncak inflasi di Eropa mulai memberi kelegaan dalam bernapas. Lantas bagaimana Asia, terutama Indonesia?

Berdasarkan data, titik tertinggi inflasi di Amerika Serikat (AS) terjadi pada Juni 2022. Saat itu inflasi AS tercatat di posisi 9,1 persen. Selanjutnya, dari Juli hingga Desember 2022 inflasi di AS menurun mulai dari 8,5 persen dan ditutup pada Desember di posisi 6,5 persen.

Sementara itu, inflasi di Eropa dinilai telah mencapai puncaknya, meski akan tetap di atas level sebelum Covid-19.

"Inflasi telah mencapai puncaknya tahun ini, tetapi masih akan di atas apa yang biasa kita alami sebelum pandemi tahun depan," ujar Kepala Ekonom untuk Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika Mastercard Economics Institute David Mann kepada CNBC's "Squawk Box Asia", Jumat (20/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.