Inflasi Lemahkan Kinerja Manufaktur di Asia

Kenaikan harga bahan baku dan kenaikan biaya logistik telah memukul sektor manufaktur di Asia. Kondisi ini menambah gambaran suram perekonomian global pada paruh kedua.

Nindya Aldila

1 Agt 2022 - 17.55
A-
A+
Inflasi Lemahkan Kinerja Manufaktur di Asia

(Bloomberg)

Bisnis, JAKARTA - Rantai pasok global yang belum pulih kembali terpukul. Kali ini oleh melemahnya aktivitas produksi manufaktur di Asia, menciptakan potret suram ekonomi global. Sejumlah pabrik di kawasan mengeluhkan kenaikan harga bahan baku seiring dengan melambungnya tren inflasi.

Dilansir Bloomberg pada Senin (1/8/2022), S&P Global mencatat indeks manajer pembelian (Purchasing Managers Index/PMI) Korea Selatan dan Taiwan mendapat pukulan terbesar.

PMI Juli Korsel merosot ke 49,8 dari 51,3 pada Juni, angka terendah sejak September 2020. Pesanan baru terkontraksi di level terlemah sejak 2 tahun terakhir. Sementara itu, volume produksi turun pada laju tercepat selama 9 bulan karena kelangkaan bahan baku dan kenaikan biaya pengiriman.

"Harga input yang lebih tinggi termasuk bahan bakar, logam, dan semikonduktor berarti gangguan itu meluas di seluruh sektor manufaktur. Dengan demikian, tingkat inflasi harga input turun ke level terendah 4 bulan sebagai tanda sementara bahwa tekanan harga telah mencapai puncaknya,” kata ekonom S&P Global Market Intelligence Usamah Bhatti dalam pernyataan, Senin (1/8/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Inflasi Lemahkan Kinerja Manufaktur di Asia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.