Inflasi Masih Rawan Bagi Ketahanan Ekonomi Global

Para ekonom melihat inflasi ternyata masih ganas dan penurunannya tak cukup signifikan di beberapa negara. Melandainya harga energi ternyata tak cukup signifikan meredam indeks harga konsumen.

Nindya Aldila

28 Apr 2023 - 18.45
A-
A+
Inflasi Masih Rawan Bagi Ketahanan Ekonomi Global

Ilustrasi inflasi (Canva)

Bisnis, JAKARTA - Para ekonom melihat inflasi ternyata masih ganas dan penurunannya tak cukup signifikan di beberapa negara. Melandainya harga energi ternyata tak cukup signifikan meredam indeks harga konsumen. 

Inflasi di sejumlah negara seperti Uni Eropa, Inggris, dan Amerika Serikat masih jauh dari target bank sentral. Dengan kondisi demikian, baik Bank of England (BOE) maupun European Central Bank (ECB) tampaknya masih akan melanjutkan kenaikan suku bunga acuan di tengah himpitan biaya hidup yang tinggi. 

Inflasi kawasan euro tercatat 6,9 persen pada Maret 2023, turun cukup jauh dari 8,5 persen pada Februari. Pada Maret, harga gula sudah naik 61 persen dalam setahun terakhir.

"Kendati inflasi inti terus menurun, inflasi yang mengecualikan energi dan makanan akan tetap meningkat dan di atas target bank sentral, bahkan hingga akhir tahun," dikutip dari Dana Moneter Internasional (IMF). Adapun mendinginnya harga energi tidak bakal cukup mendorong inflasi ke bawah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Inflasi Masih Rawan Bagi Ketahanan Ekonomi Global

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.