Inflasi Sesuai Target BI, Jalan Normalisasi Moneter Kian Lurus?

Tekanan dari sisi penawaran cenderung meningkat karena indeks harga produsen dan indeks harga perdagangan besar sudah di atas inflasi harga konsumen.

Sri Mas Sari

2 Feb 2022 - 22.10
A-
A+
Inflasi Sesuai Target BI, Jalan Normalisasi Moneter Kian Lurus?

Petugas menata tabung LPG di Jakarta, Selasa (11/1/2021). Kenaikan harga LPG nonsubsidi turut mengerek inflasi pada Januari sebesar 0,56% secara bulanan dan 2,18% secara tahunan/Bisnis/Suselo Jati

Bisnis, JAKARTA – Inflasi untuk pertama kalinya selama pandemi Covid-19 berada dalam rentang target Bank Indonesia dan mendekatkan pada kemungkinan normalisasi kebijakan moneter lebih lanjut.

Berdasarkan data BPS, inflasi Januari secara tahunan mencapai 2,18 persen setelah selama 19 bulan terakhir selalu di bawah 2 persen, berada dalam tren disinflasi akibat pelemahan permintaan selama pandemi. Di sisi lain, BI menargetkan inflasi di kisaran 2 hingga 4 persen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Tekanan inflasi terutama berasal dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau (3,45 persen year on year); perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga (3,31 persen yoy); penyediaan makanan dan minuman atau restoran (2,7 persen yoy); dan perawatan pribadi dan jasa lainnya (2,09 persen yoy).

Eskalasi inflasi berlangsung di tengah penyebaran varian omicron yang semestinya membatasi pergerakan dan konsumsi masyarakat. Inflasi tinggi awal tahun ini terjadi setelah inflasi harga produsen terus merambat naik dan mencapai 8,77 persen pada kuartal IV/2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Sri Mas Sari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.