Inflasi Tahunan RI Capai 2,75%, BPS: Waspada Lonjakan Saat Ramadan

Berdasarkan data historis perkembangan inflasi, Habibullah menghimbau untuk waspada terhadap terjadinya kenaikan harga secara umum pada momen bulan Ramadan.

Tim Redaksi

1 Mar 2024 - 20.41
A-
A+
Inflasi Tahunan RI Capai 2,75%, BPS: Waspada Lonjakan Saat Ramadan

Komoditas penyusun inflasi./Bisnis-ARF

Bisnis, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi tahunan pada Februari 2024 meningkat sebesar 2,75% dari bulan sebelumnya.  

Deputi Bidang Statistik Produksi BPS, M. Habibullah, mengungkapkan bahwa menurut kelompok pengeluaran, pemicu utama inflasi adalah kelompok makanan, minuman, dan tembakau dengan inflasi sebesar 6,36% dan memberikan andil besar 1,79% terhadap total inflasi.

"Komoditas yang memberikan andil inflasi kelompok ini antara lain beras, cabai merah, daging ayam ras, sigaret kretek mesin, tomat, bawang putih, dan gula pasir,” jelasnya dalam konferensi pers, Jumat (1/3/2024).

Adapun, rincian komoditas dalam kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang memberikan andil terhadap inflasi year-on-year, antara lain beras (0,67%), cabai merah (0,17%), daging ayam ras (0,14%), dan sigaret kretek mesin/SKM (0,13%).

Dominasi sektor pangan pada kelompok penyumbang tingkat inflasi, selaras dengan dekatnya momentum bulan Ramadhan tahun ini. Habibullah turut mengamini, menurutnya secara historis tekanan inflasi cenderung meningkat pada periode tersebut.

Baca Juga : Makan Siang Gratis Prabowo Mulai Disimulasi Airlangga 

Potensi Inflasi di Bulan Ramadan

Komoditas pangan (daging ayam ras, minyak goreng, beras, ayam hidup, daging sapi, telur ayam ras, dan gula pasir) sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, berpotensi memberikan andil terhadap inflasi umum di bulan Ramadhan.

Berdasarkan data historis perkembangan inflasi, Habibullah menghimbau untuk waspada terhadap terjadinya kenaikan harga secara umum pada momen bulan Ramadan.

“Waspada terjadinya kenaikan secara umum pada momen bulan Ramadan, yang ditunjukkan dari data historis perkembangan inflasi, di mana pada momen Ramadan selalu terjadi inflasi,” ungkap Habibullah.

Sementara itu, secara bulanan inflasi pada Februari 2024 sebesar 0,37% (month-to-month/mtm). Kelompok penyumbang terbesar di sini  juga berasal dari makanan, minuman, dan tembakau dengan inflasi sebesar 1,00% dan memberikan andil inflasi sebesar 0,37%.

Komoditas penyumbang terbesar inflasi bulanan diantaranya yaitu beras dengan andil sebesar 0,21%, cabai merah 0,09%, telur ayam ras 0,04%, serta daging ayam ras 0,02%.


Kenaikan Harga Kebutuhan Rumah Tangga

Perkembangan harga berbagai komoditas pada Februari 2024 secara umum menunjukkan adanya kenaikan. 

Berdasarkan hasil pemantauan BPS di 150 kabupaten/kota, pada Februari 2024 terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 102,75 pada Februari 2023 menjadi 105,58 pada Februari 2024.

Kabupaten Minahasa Selatan menjadi kabupaten dengan inflasi tertinggi, yakni sebesar 6,06% dengan IHK sebesar 107,25. Sedangkan, kabupaten dengan tingkat inflasi terendah adalah Kabupaten Belitung Timur sebesar 0,25% dengan IHK sebesar 103,48.

Baca Juga : The Fed Ancang-ancang Pangkas Suku Bunga Tiga Kali 

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini, mengungkapkan kenaikan Indeks Perkembangan Harga (IPH) disumbang oleh  cabai merah, minyak goreng, telur, daging ayam, beras dan gula pasir pada pekan ketiga Februari 2024 di sejumlah daerah.

"Kalau kita lihat jumlahnya kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga untuk komoditas tersebut meningkat di minggu ketiga Februari 2024 ini," kata.

Data BPS mencatat kenaikan harga beras pada 20% wilayah di Indonesia yang berada di atas harga rata-rata nasional pada pekan ketiga Februari 2024. 

BPS mengestimasikan risiko harga beras yang tetap tinggi, seiring dengan surplus beras di Maret 2024 hanya 970.000 ton jauh lebih rendah dibandingkan surplus di Maret 2023 mencapai 2,59 juta ton.(Dwi Rachmawati, Maria Elena, Fauzan)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.