INFOGRAFIK: Tantangan Perkuat Ketahanan Bank

Hadirnya regulasi terkait Program Restrukturisasi Perbankan atau PRP merupakan cara agar industri bank dapat menangani krisis dengan kemampuannya sendiri, tidak lagi harus bergantung kepada anggaran negara seperti pengalaman yang terjadi saat krisis ekonomi 1998.

Emanuel Berkah Caesario

17 Jul 2023 - 08.24
A-
A+
INFOGRAFIK: Tantangan Perkuat Ketahanan Bank

Bisnis, JAKARTA — Awal tahun ini, tepatnya 12 Januari 2023, babak baru di sektor keuangan dimulai seiring dengan diundangkannya UU No. 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan. Regulasi yang bakal mengubah lanskap industri keuangan Tanah Air.

“Tergantung setiap banknya. Kalau profit masih besar, ya saya pikir tidak perlu dibebankan ke nasabah. Tapi, kalau untuk bank-bank tertentu yang margin udah tipis, ya ini membebankan, pasti mereka bebankan [ke nasabah],” ujar Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk.,
  Jahja Setiaatmadja.

Pernyataan Jahja itu merujuk diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) No. 34 Tahun 2023 tentang Besaran Bagian Premi Untuk Pendanaan Program Restrukturisasi Perbankan. Regulasi itu berlaku resmi sejak 16 Juni 2023.

PP tersebut menjadi yang kedua diterbitkan di rezim UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) setelah PP No. 5 Tahun 2023 tentang Penyidikan Tindak Pidana di Sektor Jasa Keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.