Infrastruktur Kendaraan Listrik; ‘Setengah Kopling’ Fasilitas ‘Charging’

Berdasarkan survei Ombudsman, sebanyak 91% responden melakukan pengisian daya kendaraan listrik melalui fasilitas SPKLU. Sementara itu, sebanyak 11% responden mengisi daya kendaraan listrik di rumah.

Anitana Widya Puspa

26 Feb 2024 - 10.15
A-
A+
Infrastruktur Kendaraan Listrik; ‘Setengah Kopling’ Fasilitas ‘Charging’

SPKLU di Candi Prambanan merupakan salah satu contoh upaya menggalakkan Green Tourism di Indonesia. Bisnis/Suryo Hardiantoro

Bisnis, JAKARTA — Pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia tak lepas dari dukungan infrastruktur dalam bentuk fasilitas stasiun pengisian kendaraan listrik umum. Awal gerakan kendaraan listrik bergema, banyak korporasi yang berinvestasi untuk membangun fasilitas charging tersebut.

Awal 2023, Ombudsman Republik Indonesia menyorot fasilitas stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang rusak dan tidak berfungsi.

Saat itu, pemerintah sedang getol-getolnya menggaungkan program transisi energi dan mengajak masyarakat banyak beralih menggunakan kendaraan listrik. 

“Jika dibiarkan dan tidak diantisipasi, hal ini akan menimbulkan problem tersendiri yang membuat kebijakan penggunaan kendaraan listrik tidak diminati dan mengalami banyak kendala,” kata Anggota Ombudsman, Hery Susanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.