Ingat! Sistem One Way Berlaku Sampai Tol Kalikangkung

Penerapan sistem one way yang dimulai dari ruas tol Cikopo - Palimanan (Cipali) KM 72 akan berakhir di KM 414 tepatnya di Gerbang Tol Kalikangkung.

Pernita Hestin Untari

19 Apr 2023 - 01.45
A-
A+
Ingat! Sistem One Way Berlaku Sampai Tol Kalikangkung

Bisnis, SEMARANG — Penerapan sistem one way yang dimulai dari ruas tol Cikopo - Palimanan (Cipali) KM 72 akan berakhir di KM 414 tepatnya di Gerbang Tol Kalikangkung.


Pantauan Bisnis, Gerbang Tol Kalikangkung masih ramai lancar tanpa antrian mengular pada pukul 20.00 WIB. Dua jalur digunakan oleh pengendara mobil menuju ke Semarang melalui Tol Kalikangkung. 


Tampak beberapa petugas turut mengatur lalu lintas pengendara mobil. Serta mengingatkan pengendara mobil yang melipir ke bahu jalan untuk meneruskan perjalanan.


Sistem one way diberlakukan di Tol Cipali KM 72 mulai pukul 14.30 WIB pada Selasa (18/4/2023). Rekayasa lalu lintas ini untuk membantu mengurangi kepadatan kendaraan. Pasalnya, pemerintah memprediksi mudik Lebaran tahun ini akan meningkat. 


Sejumlah kendaraan melintas di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/4/2023). Bisnis/Arief Hermawan P


Adapun 123,8 juta jiwa masyarakat Indonesia diperkirakan akan melakukan mudik pad. Jumlah tersebut naik pesat apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni 85,5 juta orang.


Diberitakan sebelumnya, Pemalang Batang Toll Road (PBTR) menerapkan sistem one way mulai hari ini. Petugas lalu lintas PBTR Adityo mengatakan pihaknya pun baru saja mendampingi petugas untuk memasang rambu one way di sepanjang jalan tol Pekalongan. 


“One way ini diberlakukan karena kebijakan Pemerintah ya,  itu prediksinya jumlahnya [meningkat] sekian. Akhirnya dibuka one way ke timur semua, dua jalur itu untuk ke timur semua,” kata Adityo saat ditemui di Rest Area KM 338 A Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (18/4/2023). 


Dia mengatakan bahwa one way dari Cipali sampai Kalikangkung akan berlaku sampai pukul 00.00 WIB. Kemudian akan dibuka kembali pada Rabu (19/4/2023) pada pukul 08.00 WIB.


“Itu ada diskresi juga dari kepolisian kalau misal ada peningkatan bisa diteruskan. Kita di ruas ini tinggal mengikuti,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.