Inggris Siapkan Rp135 Miliar untuk Indonesia Pacu Transisi EBT

Pemerintah Inggris melalui Menteri Keamanan Energi dan Net Zero Inggris Graham Stuart mengumumkan perpanjangan kerja sama Program Menuju Transisi Energi Rendah Karbon Indonesia (Mentari) antara Indonesia dan Inggris.

Ibeth Nurbaiti

4 Agt 2023 - 19.06
A-
A+
Inggris Siapkan Rp135 Miliar untuk Indonesia Pacu Transisi EBT

Pemerintah tengah gencar-gencarnya menjajaki peluang kerja sama pendanaan hijau dengan sejumlah negara dan lembaga keuangan internasional untuk mengembangkan dan meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia.Bisnis/Canva

Bisnis, JAKARTA — Melimpah ruahnya potensi energi baru dan terbarukan (EBT), mulai dari energi surya, bayu, hidro, bioenergi, panas bumi, hingga laut yang totalnya mencapai 3.686 gigawatt (GW), menjadi daya tarik tersendiri bagi Indonesia.

Banyak negara kini mulai berlomba-lomba menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi hijau. Negara tersebut, antara lain Jepang, Inggris, Amerika Serikat, China, dan lain sebagainya.

Kendati nilai investasi energi terbarukan Indonesia dalam rentang 2015—2022 masih kalah jauh dibandingkan dengan India, seperti dikutip  dataindonesia, Indonesia mempunyai ambisi untuk mempercepat pencapaian target nol emisi karbon (net zero emission/NZE).

Pemerintah telah berkomitmen akan mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) sebanyak 29 persen dengan upaya sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional untuk mencapai NZE pada 2060, sesuai dengan Nationally Determined Contribution (NDC).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.