Ini 11 Bandara Internasional di Indonesia, Simak Penampilannya

Konsep eco-airport menampilkan banyak tanaman hidup dengan burung-burung berterbangan di lobi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Sepinggan.

Rustam Agus

17 Jan 2022 - 13.00
A-
A+
Ini 11 Bandara Internasional di Indonesia, Simak Penampilannya

Ruang tunggu Bandara Soekarno Hatta / AP2

Bisnis, JAKARTA - Sebagai pintu gerbang internasional, bandar udara tentu menjadi cermin kemajuan bangsa bagi pelancong yang baru saja tiba.  

Dengan wilayah yang luas tentu Indonesia mesti bisa menyambut kedatangan pelancong dari luar negeri di mana pun sudut wiayah nusantara. 

Sejauh ini, Indonesia memiliki 11 bandara kelas internasional yang tampil dengan keunggulan dan keunikannya masing-masing.

Simak bandara internasional di berbagai wilayah di Tanah Air tersebut seperti dilansir dari Indonesia Travel berikut
 
1.Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang 

Sebagai bandara dengan lalu lintas terpadat di Indonesia, Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten, menyediakan fasilitas dan layanan tercanggih bagi semua pengunjung yang berangkat dari sana. 

 

Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta / Bisnis

Selain itu, Terminal 3 Ultimate yang terkenal di Bandara Soekarno Hatta sering dibandingkan dengan bandara unggulan Incheon di Korea Selatan karena arsitekturnya yang modern. 

Dengan panjang 2,4 km, dihiasi dengan sentuhan budaya berupa patung karya Nyoman Nuarta dan ukiran etnik di konter check-in. 

2. Bandara Juanda, Surabaya 

Dianggap sebagai salah satu bandara dunia yang paling tepat waktu di Indonesia, Bandara Juanda di Surabaya juga terkenal dengan kemewahan dan keanggunannya.

Bandara ini juga menyediakan tempat bagi masyarakat untuk berbelanja, bersantap, dan menghibur diri.

 Salah satu spot paling terkenal di Bandara Juanda adalah air mancur menari. Terletak di Terminal 1, air mancur menari ini bergerak dengan anggun mengikuti irama musik. 

Kelihatannya ajaib, terutama di malam hari, saat lampu warna-warni berpendar dari balik air mancur. 

3. Blimbingsari, Banyuwangi 

Setelah berganti nama menjadi Bandara Banyuwangi, Blimbingsari meningkatkan fasilitasnya ke tingkat yang lebih tinggi. 

Mengusung konsep arsitektur “green building” karya Andra Matin, bandara ini didesain ramah lingkungan dengan menggunakan bahan daur ulang dari kayu ulin atau dermaga kapal bekas. 

Lebih dari sekedar menonjolkan estetika, terminal ini mengedepankan penghematan energi dengan pendekatan konsep “rumah tropis” yang mengutamakan penyejuk udara alami. 

Apalagi jika dilihat dari atas, bangunan ini akan terlihat seperti udeng, tutup kepala tradisional dari Banyuwangi.

4.  Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar 

Bandara yang mendapatkan penghargaan Airport Service Quality sebagai “The 3rd World Best Airport 2016” ini memiliki lalu lintas terpadat kedua di Indonesia karena tingginya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali. 

Jika diperhatikan lebih dekat, Bandara I Gusti Ngurah Rai memiliki aksen otentik yang ditampilkan oleh Pura di gerbang keberangkatan internasional. 

Tidak hanya bandara yang dipenuhi dengan banyak spot hiburan, bandara ini juga dikenal sebagai salah satu bandara dengan kecepatan wi-fi tercepat di dunia. 

5. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan 

Jika menurut Anda Bandara Internasional Soekarno Hatta adalah yang terbaik di Indonesia, maka Anda harus mengunjungi Balikpapan dan melihat desain megah Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Sepinggan. 

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan / Bumn.go.id

Keamanan berlapis, fasilitas luar biasa, dan interior cantik juga membuat eco-airport ini dikagumi. 

Selain itu, konsep eco-airport menampilkan banyak tanaman hidup dengan burung-burung yang berterbangan di lobi bandara.

6. Bandara Internasional Kualanamu, Medan 

Sebelum Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki kereta antar-jemput bandara, Bandara Internasional Kualanamu sudah memilikinya terlebih dahulu. 

Kualanamu juga diklaim sebagai bandara pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan stasiun kereta api.

Bandara Kualanamu Medan / Antara

Beroperasi pada tahun 2013, Bandara Internasional Kualanamu merupakan bandara tersibuk kelima. 

Meski demikian, Anda tidak akan melihat antrean check-in yang panjang karena banyak sekali loket check-in di bandara ini. 

Bandara ini juga terkenal dengan fasilitasnya yang canggih. 

7.  Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar 

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar memiliki desain yang sangat unik. Tidak hanya bentuknya seperti kapal Pinisi (kapal tradisional Bugis dan Makassar). 

Langit-langitnya sangat tinggi dan berpola garis-garis seperti motif kain “Mandar” dengan jendela raksasa yang menjulang tinggi. 

Bandara yang dinamai pahlawan nasional Sulawesi Selatan ini menduduki peringkat ketiga Terbaik Indonesia 2017.

 Bandara ini juga pernah meraih predikat “The Most Improved Airport in Asia Pacific” dari Airport Service Quality (ASQ) pada tahun 2016. 

8. Bandara Samarinda Baru, Samarinda 

Fotogenik dan futuristik, itulah dua kata pertama yang terlintas di benak Anda saat mengunjungi Bandara Samarinda Baru. 

Baru dibuka pada April 2018, bandara ini memiliki desain mutakhir dengan estetika yang akan selalu membuat Anda ingin berfoto selfie di setiap sudut gedung. 

9. Bandara Kalimarau, Berau 

Resmi dibuka sejak 2012, Bandara Kalimarau mendapatkan predikat “Bandara Terbersih dan Tertib” dari Kementerian Perhubungan. 

Bandara ini juga memiliki fasilitas unggulan, seperti lift untuk penyandang disabilitas, ruang tunggu yang luas dengan banyak sofa berwarna biru laut, dan tempat untuk mengisi daya ponsel, serta koneksi wi-fi berkecepatan tinggi. 

Selain itu, ada juga area khusus anak-anak di Terminal B Keberangkatan. Musik instrumental tradisional Dayak akan mengiringi para penumpang sambil menunggu waktu boarding. 

10. Bandara Ahmad Yani Semarang 

Dengan bangga mengklaim sebagai Eco-Airport, desain Bandara Ahmad Yani Semarang yang baru ditingkatkan ini benar-benar sentuhan modernitas.

Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang / Bisnis

Bandara ini kini menampung hingga 6,9 juta penumpang, peningkatan besar dibandingkan hitungan sebelumnya 800 ribu.

Tidak hanya itu, fasilitas di Bandara Ahmad Yani juga meliputi 30 check-in counter, 8 eskalator, 8 elevator, 2 travelator, dan 3 jet bridge. 

Selain itu, area parkir kini mampu menampung sekitar 1.200 kendaraan. Konsep Eco-Airport juga dikelilingi oleh air dan kolam untuk menciptakan konsep terapung. 

11  Sultan Mahmud Kaharuddin III, Sumbawa 

Dalam persiapan untuk Sail Moyo Tambora mendatang dan dengan kemungkinan besar penerbangan sibuk yang datang dari Bali dan Lombok, Sumbawa baru-baru ini meningkatkan bandara mereka, Sultan Mahmud Kaharuddin III. 

Peningkatan tersebut membuat bandara menjadi lebih nyaman bagi pengunjung dan diatur dalam desain yang lebih modern. Dilengkapi dengan banyak fasilitas baru dan lebih baik, termasuk fasilitas untuk penyandang cacat. (Intan Riskina Ichsan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.