Ini 3 Tips dari Sandiaga Uno agar Produk Tembus Ekspor

Indonesia emas pada 2045 produk-produk asli daerah harus menjadi tuan rumahnya sendiri

Rustam Agus

23 Okt 2021 - 17.01
A-
A+
Ini 3 Tips dari Sandiaga Uno agar Produk Tembus Ekspor

Kopi Lampung/Antara

Bisnis, BANDARLAMPUNG- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan tiga kunci agar produk pelaku ekonomi kreatif (ekraf) dapat menembus pasar dunia.

"Jadi menurut saya pelaku ekonomi kreatif harus memiliki kreatifitas, konsistensi, dan komitmen," katanya seperti dikutip Antara di Bandarlampung, Sabtu (23/10).

Dia menekankan bahwa produk yang akan ditawarkan ke konsumen harus memiliki daya kreativitas dan menarik, kemudian yang paling penting adalah konsistensi baik dalam tampilan maupun rasa.

Menparekraf Sandiaga Uno saat kunjungan kerja di Bandarlampung, Sabtu (23/10)/Antara

"Saya contohkan Rumba Kopi, rasanya enak sekali tapi ada yang sedikit salah di mereknya tertulis 'kopi shop', seharusnya tulisannya tetap 'Rumba Kopi'. Konsistensi ini emang sulit," kata dia.

Terakhir, lanjut sandi, kunci ketiga agar produk daerah dapat menembus pasar dunia yakni adanya komitmen dari seluruh pemangku kepentingan terkait.

Apalagi, lanjut dia, Provinsi Lampung terkenal dengan kopi robustanya sehingga baik pemerintah pusat atau daerah harus memiliki komitmen kuat untuk memajukannya.

"Jadi komitmen itu bukan dari pengusahanya saja tapi dari pemerintah juga, baik yang ada di pusat ataupun di daerah untuk menjadikan robusta Lampung jadi nomor satu di dunia," kata dia.

Selain itu, Menparekraf juga meminta kepada pelaku usaha terus berinovasi menciptakan produk-produk baru yang lebih bagus dari yang ada dari sekarang dengan mengikuti zaman kekinian, serta berani mengambil risiko.

"Kita juga tidak boleh berhenti bergerak. Pelaku usaha ekraf harus terus proaktif, serta dapat memanfaatkan digitalisasi," kata dia.

Petani menjemur biji kopi/Antara

Menurutnya setelah melihat-lihat produk yang ditampilkan pada Apresiasi Kreasi Indonesia  (AKI) 2021, barang-barang hasil pelaku ekraf bagus-bagus dan tidak kalah bersaing serta siap menuju global pada era digitalisasi.

"Kita pastikan bahwa pada Indonesia emas pada tahun 2045 produk-produk asli daerah harus menjadi tuan rumahnya sendiri," kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.