Ini 5 Cara untuk Melawan Insomnia Tanpa Mengonsumsi Obat

Orang dewasa biasa memerlukan waktu tidur 7 hingga 9 jam sehari dengan waktu terbaik untuk kesehatan adalah tidur pada malam hari. Namun, terdapat orang yang sulit tidur atau disebut insomnia. Berikut tip untuk mengatasi insomnia tanpa mengonsumsi obat.

Feni Freycinetia Fitri

22 Nov 2021 - 23.18
A-
A+
Ini 5 Cara untuk Melawan Insomnia Tanpa Mengonsumsi Obat

Ilustrasi penderita insomnia./Express Pharma

Bisnis, JAKARTA – Insomnia merupakan gangguan yang membuat Anda sulit untuk tertidur atau tidur dengan cepat. Biasanya, orang dewasa memerlukan sekitar 7 sampai 9 jam tidur per hari. Jumlah ini tidak sama untuk semua orang, tergantung pada sejumlah faktor.

Akan tetapi, perlu diingat kualitas tidur lebih penting dibandingkan jumlah jam tidur setiap malam. Kebutuhan tidur juga berubah sepanjang hidup Anda seiring bertambahnya usia.

Insomnia dapat membuat Anda lelah sepanjang hari dan dapat memengaruhi kesehatan fisik dan emosional.

Jika tubuh Anda tidak memiliki istirahat yang cukup, hal tersebut dapat memengaruhi suasana hati dan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Anda juga mungkin berisiko terkena penyakit seperti depresi, obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Beberapa penyebab insomnia antara lain stres, kecemasan, atau depresi, kondisi tidur yang tidak nyaman (tempat tidur, suhu, atau cahaya), kebisingan, penggunaan obat, jam kerja tidak teratur, alkohol, kafein, dan nikotin.

Berikut lima cara mudah untuk mengatasi insomnia tanpa obat-obatan seperti dilansir dari WebMD:

1. Olahraga

Melakukan beberapa aktivitas fisik atau olahraga merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi insomnia. Olahraga baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Saat berolahraga, tubuh melepaskan endorfin yang membuat Anda merasa terjaga dan berenergi. Cobalah berolahraga lebih awal. Namun, Anda harus menghindari berolahraga dalam 2 jam sebelum tidur.

2. Jadwal tidur

Mempraktikkan jadwal tidur dapat membantu Anda mengatasi insomnia. Ini berarti Anda harus mencoba untuk tetap pada jadwal tidur yang teratur setiap hari. Atur waktu tidur dan waktu bangun yang teratur agar tubuh Anda terbiasa tidur pada jam-jam tersebut.

Anda juga harus menghindari tidur siang sepanjang hari karena Anda akan lebih lelah ketika datang ke waktu tidur malam.

3. Nutrisi

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi berperan penting untuk kualitas tidur Anda. Konsumsi makanan yang sehat memiliki banyak keuntungan, tetapi pastikan Anda tidak makan makanan besar dalam beberapa jam sebelum tidur.

Aturan berlaku untuk alkohol dan kafein juga. Baik kafein dan alkohol dapat memengaruhi kualitas tidur Anda atau membuat Anda sulit untuk tertidur. Berhenti minum kafein pada sore hari dan hindari alkohol setelah makan malam.

Salah satu solusi paling populer untuk insomnia, minum susu hangat atau teh chamomile sebelum tidur. Keduanya dipercaya memiliki efek pada otak yang membuat Anda lebih mudah tertidur.

4. Pengaturan cahaya

Saat kamar gelap, Anda lebih mudah untuk tertidur dan tetap tertidur. Gunakan gorden tebal untuk menghalangi cahaya yang dapat membangunkan Anda saat pagi hari.

Ini berlaku untuk cahaya buatan juga. Hindari menonton TV atau menggunakan ponsel atau tablet Anda sebelum tidur. Spektrum cahaya dari gadget elektronik memiliki efek merangsang sehingga membuat lebih sulit tidur. Sebaliknya, cobalah sesuatu yang menenangkan, seperti membaca, mendengarkan musik, atau mandi sebelum tidur.

Jika Anda bangun di tengah malam untuk menggunakan kamar kecil, jangan menyalakan lampu. Sebagai gantinya, gunakan senter untuk membantu memandu Anda ke kamar mandi. Lampu kamar mandi di atas kepala bisa membuat Anda memerlukan waktu lebih lama untuk tertidur kembali.

5. Relaksasi

Cobalah untuk menyelesaikan tugas atau tantangan yang paling berat pada pagi hari dan tidak dalam beberapa jam sebelum tidur.

Buat kamar tidur Anda nyaman dan siap untuk relaksasi dengan meredupkan lampu, menurunkan suhu jika memungkinkan, dan mengurangi kebisingan. Barang-barang seperti penyumbat telinga dan mesin white noise dapat membantu Anda untuk relaksasi.

Sembunyikan jam di kamar Anda sehingga Anda tidak tergoda untuk melihatnya pada malam hari. Semakin Anda khawatir tentang tidur, semakin sulit untuk tertidur dan mengatasi insomnia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.