Free

Ini 5 Daerah Penghasil Bawang Merah Terbesar di Indonesia

Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Jawa Barat adalah sentra produksi bawang terbesar di Indonesia.

Redaksi

24 Apr 2024 - 19.05
A-
A+
Ini 5 Daerah Penghasil Bawang Merah Terbesar di Indonesia

Bisnis, JAKARTA — Bawang merah merupakan salah satu komoditas strategis di Indonesia serta termasuk dalam bahan pokok dan penting, karena sangat dibutuhkan terutama untuk kebutuhan rumah tangga.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikutip Rabu (24/4/2024), bawang merah termasuk tanaman sayuran dan buah-buahan yang berkontribusi besar terhadap produksi hortikultura.

Produksi bawang merah di Indonesia dalam 5 tahun terakhir juga tercatat mengalami peningkatan. Pada tahun 2021 produksi bawang merah nasional menyentuh angka 2,01 juta ton.

Lantas, daerah mana sajakah yang menjadi produsen bawang merah terbesar di Indonesia?  Di bawah ini daftar 5 daerah dengan jumlah produksi bawang merah tertinggi menurut BPS pada 2021.

    Provinsi Jawa Tengah 

Pada posisi pertama, Jateng mendominasi dengan berkontribusi sebesar 28,15% terhadap produksi bawang merah nasional, dengan total produksi mencapai 564 ribu ton dan luas panen 56 ribu hektar.

    Provinsi Jawa Timur

Selanjutnya, Jatim yang berkontribusi sebesar 25% untuk produksi bawang merah terbesar secara nasional, menempati urutan kedua. Total produksi Jatim sebesar 501 ribu ton dan luas panen 53,67 ribu hektar.


    Provinsi Nusa Tenggara Barat 

Berada di posisi ketiga, NTB berkontribusi sebesar 11,11 persen dengan total produksi mencapai 223 ribu ton dan luas panen 20,31 ribu hektar.

    Provinsi Sumatera Barat 

Kemudian, Sumbar dengan kontribusi 10% terhadap jumlah produksi nasional menempati posisi keempat dengan total produksi menyentuh angka 200 ribu ton.

    Provinsi Sulawesi Selatan

kelima, dengan kontribusi sebesar 9,14% untuk jumlah produksi nasional, Sulsel mencapai total produksi bawang merah sebesar 183 ribu ton.

    Provinsi Jawa Barat

Jabar berkontribusi sebesar 8,51% pada jumlah produksi nasional. Capaian tersebut berasal dari total produksi Jabar yang mencapai 171 ribu ton.

Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Jawa Barat adalah sentra produksi bawang terbesar di Indonesia. Sehingga menurut data yang dihasilkan oleh BPS, produksi bawang merah dari enam provinsi tersebut selalu menjadi yang terbesar.

(Reporter: Muhammad Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.