Ini Perbedaan RUPS dan RUPSLB

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) memiliki peran yang berbeda dan mempengaruhi pengambilan keputusan di dalam perusahaan.

Emanuel Berkah Caesario

17 Jun 2023 - 17.44
A-
A+
Ini Perbedaan RUPS dan RUPSLB

Ilustrasi rapat umum pemegang saham. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) merupakan dua jenis pertemuan penting dalam kegiatan perusahaan.

Kedua rapat ini memiliki peran yang berbeda dan mempengaruhi pengambilan keputusan di dalam perusahaan. Berikut ini adalah perbedaan utama antara RUPS dan RUPSLB:

 

1. RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham)

RUPS adalah pertemuan rutin yang diadakan oleh perusahaan untuk melibatkan pemegang saham dalam pengambilan keputusan strategis.

RUPS diadakan setiap tahun atau sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam undang-undang atau peraturan perusahaan. Beberapa perbedaan utama terkait RUPS adalah sebagai berikut:

   a. Tujuan Utama: RUPS diadakan untuk memberikan informasi tentang kinerja perusahaan kepada para pemegang saham, membahas dan menyetujui laporan keuangan, memilih dan memberhentikan anggota dewan direksi atau komisaris, serta memutuskan pembagian dividen.

   b. Keputusan: Keputusan dalam RUPS diambil berdasarkan mayoritas suara saham yang diwakili oleh para pemegang saham yang hadir atau diwakilkan. Setiap pemegang saham memiliki hak suara yang sebanding dengan jumlah saham yang mereka miliki.

 

2. RUPSLB (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa)

RUPSLB adalah pertemuan luar biasa yang diadakan oleh perusahaan ketika ada keputusan penting yang membutuhkan persetujuan pemegang saham di luar jadwal RUPS rutin.

RUPSLB biasanya diadakan ketika ada perubahan dalam anggaran dasar perusahaan atau keputusan strategis lainnya yang memerlukan persetujuan pemegang saham. Berikut adalah perbedaan terkait RUPSLB:

   a. Tujuan Utama: RUPSLB diadakan untuk membahas dan memutuskan masalah atau keputusan khusus yang tidak dapat ditunda hingga RUPS berikutnya. Contoh keputusan tersebut adalah perubahan dalam anggaran dasar perusahaan, penggabungan perusahaan, atau pengambilalihan bisnis.

   b. Keputusan: Keputusan dalam RUPSLB juga diambil berdasarkan mayoritas suara saham yang diwakili oleh para pemegang saham yang hadir atau diwakilkan. Prinsip dasar pengambilan keputusan dalam RUPSLB sama dengan RUPS.

***

Pentingnya kedua rapat ini adalah untuk memastikan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi pemegang saham dalam pengambilan keputusan perusahaan.

Melalui RUPS dan RUPSLB, pemegang saham memiliki kesempatan untuk berpartisipasi, memberikan masukan, dan memastikan kepentingan mereka diwakili dalam keputusan penting perusahaan.

Dalam melaksanakan RUPS dan RUPSLB, perusahaan harus mematuhi peraturan dan prosedur yang ditetapkan dalam undang-undang dan peraturan perusahaan.

Hal ini penting agar proses pengambilan keputusan dapat berjalan dengan efektif dan sesuai dengan kepentingan semua pemegang saham.

Dengan demikian, RUPS dan RUPSLB memiliki peran yang penting dalam mengatur hubungan antara perusahaan dan pemegang saham.

Melalui kedua rapat ini, perusahaan dapat mengambil keputusan yang strategis dan memastikan partisipasi serta keterlibatan pemegang saham dalam menjalankan bisnis perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.