Ini Perbedaan Shuttle dan Travel, Solusi Antar Kota Indonesia

Sering mendengar istilah ini, tetapi sulit membedakan keduanya. Berikut sekelumit penjelasan mengenai perbedaan shuttle dan travel.

Rinaldi Azka

24 Jan 2024 - 15.56
A-
A+
Ini Perbedaan Shuttle dan Travel, Solusi Antar Kota Indonesia

Ilustrasi travel./istimewa

Bisnis, JAKARTA - Transportasi umum di Indonesia terus berkembang dengan menawarkan berbagai opsi, salah satunya adalah shuttle dan travel. Dalam memilih metode perjalanan, memahami perbedaan antara keduanya dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda.

Dikutip dari dictionary.com, shuttle merupakan angkutan umum seperti kereta api, pesawat terbang, dan bus. Jika shuttle dikaitkan dengan angkutan darat, maka “shuttle” merupakan transportasi bus yang melakukan perjalanan bolak-balik searah berkala melalui rute tertentu.

Umumnya, shuttle melayani rute-rute pendek penghubung dua sistem transportasi. Layanan ini diberikan untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas. Selain itu, harga layanan ini biasanya murah dan bahkan ada yang disediakan secara gratis. Jenis kendaraan yang digunakan untuk layanan ini adalah minibus atau medium bus.

Sementara itu, travel diistilahkan juga sebagai layanan antar jemput penumpang. Travel mengantar penumpang dari titik jemput hingga ke tempat tujuan. Salah satu transportasi darat yang biasa disebut travel adalah taksi, hanya saja jangkauan dari tujuan travel lebih jauh, yakni antar kota antar provinsi. Oleh karena itu, travel biasanya menggunakan kendaraan kecil seperti minibus

Bus Damri Dijajal Pj Gubernur Jabar, Bandung-Bandara Kertajati Ditempuh 1,5 Jam./BISNIS-Wisnu Wage

1. Rute dan Destinasi

Shuttle: Layanan shuttle cenderung melayani rute yang lebih spesifik dengan titik keberangkatan dan tujuan yang telah ditentukan. Mereka dapat menjadi pilihan terbaik untuk perjalanan langsung dari satu kota ke kota lain yang memiliki jarak relatif dekat.

Travel: Sebaliknya, travel cenderung memiliki rute yang lebih luas, mencakup destinasi yang lebih banyak. Ini membuatnya menjadi opsi yang ideal jika Anda ingin menjelajahi beberapa kota atau destinasi di sepanjang perjalanan Anda.

2. Fasilitas dan Kenyamanan

Shuttle: Karena melayani jumlah penumpang yang lebih sedikit, shuttle dapat menawarkan kenyamanan ekstra. Fasilitas yang mungkin Anda temui meliputi AC, kursi yang dapat direclining, dan suasana yang lebih bersahaja.

Travel: Travel seringkali dapat menyediakan fasilitas yang lebih baik, seperti kursi yang lebih nyaman, AC, dan bahkan toilet. Ini membuat perjalanan lebih nyaman, terutama untuk perjalanan jarak jauh.

3. Harga Tiket

Shuttle: Harga tiket shuttle umumnya lebih terjangkau dibandingkan dengan travel karena jumlah penumpang yang lebih sedikit.

Travel: Meskipun mungkin membutuhkan biaya tiket yang lebih tinggi, Anda mendapatkan kenyamanan tambahan dan fasilitas yang lebih baik.

Baca Juga : Maskapai Agresif Buka Rute Baru Di Tengah Keterbatasan Pesawat 

4. Frekuensi Keberangkatan

Shuttle: Shuttle umumnya memiliki jadwal keberangkatan yang terjadwal dan konsisten.

Travel: Travel dapat menawarkan jadwal yang lebih fleksibel dan lebih sering, memberikan lebih banyak pilihan bagi penumpang.

5. Kecepatan Perjalanan

Shuttle: Dengan jumlah penumpang yang lebih sedikit dan rute yang lebih langsung, shuttle cenderung lebih cepat tiba di tujuan.

Travel: Meskipun nyaman, travel mungkin membutuhkan waktu lebih lama karena seringkali mampir di berbagai destinasi di sepanjang rute.

6. Proses Reservasi dan Pembelian Tiket

Shuttle: Proses pembelian tiket shuttle mungkin lebih sederhana dengan pembelian langsung di lokasi keberangkatan.

Travel: Travel seringkali memungkinkan reservasi tiket online, memudahkan penumpang untuk merencanakan perjalanan mereka lebih awal.

Baca Juga : KAI Logistik Catat Laba Rp100 Miliar, Ditopang Layanan Batu Bara 

7. Kemudahan Akses

Shuttle: Shuttle dapat lebih mudah diakses di beberapa titik tertentu, terutama di kota-kota kecil yang mungkin tidak dilayani oleh travel.

Travel: Travel lebih sering diakses di kota-kota besar dan memiliki banyak titik keberangkatan, membuatnya lebih mudah dijangkau oleh penumpang.


Dengan mempertimbangkan perbedaan ini, Anda dapat memilih opsi transportasi umum yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan perjalanan Anda. Shuttle dan travel keduanya menawarkan manfaat masing-masing, dan keputusan Anda akan tergantung pada prioritas pribadi Anda, apakah itu kenyamanan, harga, atau fleksibilitas. Selamat menjelajahi keindahan Indonesia dengan transportasi yang sesuai dengan gaya perjalanan Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.