Free

INKA Gelar Uji Performa Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) Ketiga

Pesanan pertama adalah KRDE yang saat ini dioperasikan untuk Bandara Internasional Minangkabau (BIM), sedangkan yang kedua adalah KRDE yang dioperasikan untuk Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS).

Fatkhul Maskur

4 Des 2021 - 13.20
A-
A+
INKA Gelar Uji Performa Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) Ketiga

KRDE PT INKA (Persero) melintas di jalur uji. - Foto INKA

Bisnis, JAKARTA - PT INKA (Persero) melakukan uji dinamis atau test run internal Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) sejak Kamis (1/12/2021). KRDE ini merupakan pesanan ke-3 dari PT KAI (Persero) sejumlah 4 trainset atau rangkaian. 

Pesanan pertama adalah KRDE yang saat ini dioperasikan untuk Bandara Internasional Minangkabau (BIM), sedangkan yang kedua adalah KRDE yang dioperasikan untuk Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS).

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro menjelaskan bahwa pengujian ini bertujuan untuk melihat performansi kereta.

“Ini kita lagi menguji, karena persyaratannya kan harus lulus uji di jalan 1000 km, ini ada beban-beban beton yang diibaratkan penumpang untuk diuji di kondisi full penumpang. Yang kami uji ini yang pasti performa, utamanya adalah kecepatannya kemudian pengeremannya,” jelas Budi, seperti dikutip dari keterangan pers INKA, Sabtu (4/12/2021).

KRDE ini memiliki mesin penggerak menggunakan diesel elektrik yang dioperasikan oleh masinis. Adapun susunan setiap trainset-nya terdiri atas TeC1 (trailer engine cabin), M (motor), T (trailer), TeC2 (trailer engine cabin).

Tim PT INKA (Persero) sedang mengamati alat uji kereta. - Foto INKA

DATA TEKNIS KRDE PT INKA 

- Konfigurasi : TeC 1 - M - T - TeC 2
- Kecepatan maksimum operasional : 100 km/jam
- Lebar sepur : 1.067 mm
- Panjang carbody kereta : TeC = 20.458 mm; M, T = 20.708  mm
- Lebar carbody kereta : 2.990 mm
- Tinggi lantai diukur dari kepala rel, dimensi umum : 1.100 mm
- Tinggi lantai diukur dari kepala rel, khusus area engine : 1.200 mm
- Tinggi atap dari kepala rel (termasuk AC) : 3.820 mm
- Jarak antara pusat bogie : 14.000 mm
- Jarak sumbu roda bogie : 2.200 mm
- Diameter roda baru : 860 mm
- Diameter roda minimum :    780 mm
- Berat kosong maksimal : TeC 43,5 ton, M 43, 5 ton, T 38,5 ton
- Tempat duduk : TeC 1 = 46 kursi, M = 56 kursi, T = 52 kursi
- Tempat duduk : TeC 2 = 46 kursi

Rangkaian Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) - Foto INKA

KERETA API BANDARA

Operasional Kereta Api Bandara Internasional Minangkabau diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (21/4/2018), KA Minangkabau Ekspres.  

Pengoperasian KA bandara ini didukung satu trainset KRDE (Kereta Rel Diesel Elektrik) produksi PT INKA (Persero). Satu rangkaian KA bandara terdiri dari empat kereta yang dapat mengangkut 348 penumpang. 

Adapun KA Bandara Internasional Adisoemarmo diresmikan operasionalnya pada 29 Desember 2019 oleh Menteri Perhubungan. 

Kereta Api Bandara Internasional Adisoemarmo adalah layanan kereta api bandara yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta untuk menghubungkan Stasiun Klaten dan Stasiun Bandara Adisoemarmo melalui Solo Balapan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.