Inovasi Panaoil Sambut Tren Bahan Bakar Nabati

Panaoil mengandalkan tim riset, laboratorium, dan fasilitas produksi untuk menghadirkan produk inovasinya.

Fatkhul Maskur

4 Feb 2023 - 12.00
A-
A+
Inovasi Panaoil Sambut Tren Bahan Bakar Nabati

Nusaraya memiliki kapasitas penyimpanan 20.000 drum (4 juta liter) per bulan. - Foto NPM Group

Bisnis, JAKARTA - Panaoil akan terus berinovasi sebagai strategi untuk bertumbuh. Pada tahun ini, perusahaan akan mengembangkan pelumas untuk mesin pengguna bahan bakar Solar B35.

Raymond Widjaja, Managing Director POSX Group--induk perusahaan Panoil Indonesia, mengatakan perusahaan memiliki dukungan tim riset produk internal dengan fasilitas penelitian dan pengembangan yang mutakhir.

"Kami akan develop oli Biofuel dari B30 ke B35 dan innovasi lainnya untuk produk oli otomotif dan industri serta meningkat fasilitas laboratorium untuk terus melakukan riset dan pengembangan produk terbaru," katanya, Jumat (3/2/2023).

Panaoil merupakan perusahaan utama yang memegang, mengembangkan, dan memasarkan produk bermerek Panaoil, seperti pelumas otomotif dan industri, gemuk dan pendingin. PT Panaoil Indonesia didirikan pada 2015.

Panaoil memproduksi pelumasnya di pabrik pencampur minyak pelumas mandiri (LOBP) PT Nusaraya Putramandiri, perusahaan manufaktur pelumas di bawah naungan manajemen yang sama dengan Panaoil. 

Terletak di Kompleks Kawasan Industri Krakatau, Cilegon, Nusaraya menghasilkan produk akhir pelumas dalam bentuk curah maupun beragam kemasan mulai dari 100ml hingga 1.000 liter.

Dengan dukungan fasilitas yang dimiliki itu, Panaoil Indonesia menyediakan mampu varian produk yang luas, baik di sektor otomotif, maupun industri. "Comercial vehicle dan sektor industri masih memberikan kontribusi terbesar terhadap penjualan Panaoil," ujar Raymond.


SEKTOR PERTAMBANGAN

Saat ini Panaoil memiliki sepuluh jenis oli industri yang menyasar sektor agrikultur, perikanan, kelautan, manufaktur, pembangkit tenaga listrik, hingga pertambangan. Oli Panaoil juga tersedia untuk beragam jenis pelumasan berdasarkan komponen, seperti oli hidrolis, oli roda gigi, dan gemuk.

Raymond mengatakan keberadaan unit riset serta produksi internal, termasuk perihal rantai pasok dan ketersediaan dukungan layanan, secara nyata telah mendorong produk Panaoil sebagai pilihan di sektor-sektor nonotomotif, termasuk sektor pertambangan yang sarat ragam regulasi teknis ketat yang dipantau secara berkala.

Untuk memenuhi kebutuhan beragam kegiatan di bidang pertambangan, Panaoil menyediakan line up pelumas untuk mesin, hidrolik, hingga transmisi, dengan tiga ujung tombak produk yakni Cruiser Advance Plus, Lorent Z, serta Unitrans HD. 

Cruiser Advance Plus (15W-40) adalah produk peluas Panaoil yang dihadirkan sebagai respons atas kebijakan pemerintah untuk penggunaan Biosolar B30 sejak 2020. Cruiser Advance Plus (15W-40) untuk kendaraan bermesin diesel injeksi, termasuk alat berat, yang memakai bahan bakar Biosolar.

Salah satu unggulan pelumas ini adalah mengatasi masalah dari Fatty Acid Methyl Ester (FAME) dalam bahan bakar biodiesel. Oli ini diklaim mampu mengontrol tingkat keasaman dan sludge pada mesin sehingga performanya terjaga.

"Keberadaan fasilitas produksi modern ikut menjadikan produk Panaoil sektor industri bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Baik untuk pelumasan mesin traktor sampai mesin industri. Dan perlu diketahui, oli Panaoil memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi," katanya.

Atas kinerjanya itu pula, PT Pana Oil Indonesia mendapatkan penghargaan Indonesia Mining Services Awards (IMSA) 2022 dari Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (Aspisindo), Jumat (27/1/2023). Ada tiga katagori penghargaan berdasarkan kinerja di sektor pertambangan, yaitu Perunggu, Perak, dan Emas. Dari 28 perusahaan yang lolos penilaian seleksi dewan juri, Pana Oil Indonesia meraih penghargaan untuk kategori Emas. 

Raymond memastikan Panaoil tidak akan berhenti berinovasi, terlebih perusahaan memiliki tim riset, laboratorium, dan fasilitas produksi yang mumpuni. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.