Insentif Fiskal 2025 Fokus Tiga Sektor

Sejauh ini, pemberian insentif yang disusun dalam postur fiskal 2025 hanya menyasar tiga sektor, yakni pariwisata, pertanian, dan manufaktur.

Tim Redaksi

10 Mei 2024 - 06.27
A-
A+
Insentif Fiskal 2025 Fokus Tiga Sektor

Ilustrasi aktivitas pertanian./BISNIS-RHN

Bisnis, JAKARTA — Pemerintah mulai mengutak-atik siasat fiskal untuk memberikan pendampingan maksimal terhadap beberapa sektor yang memiliki efek berganda besar dan butuh injeksi energi. Sejauh ini, pemberian insentif yang disusun dalam postur fiskal 2025 hanya menyasar tiga sektor, yakni pariwisata, pertanian, dan manufaktur.

Arah dari strategi tersebut terpampang nyata dalam Rancangan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025, yang menjadi salah satu acuan dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pemberian insentif dengan lebih selektif bukannya tanpa alasan. Ketiganya dipandang sebagai sektor yang memiliki sensitivitas tinggi baik terhadap dinamika perekonomian global, situasi daya beli, kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB), hingga penciptaan lapangan kerja.

Aksi untuk tidak mengumbar stimulus fiskal dengan royal pun salah satunya dilandasi oleh target rasio perpajakan atau tax ratio yang pada 2025 disasar 10%—12%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.