Insentif Fiskal Kembali Ditabur, Pasar Mobil Listrik Makin Subur

Pemerintah kembali menabur dua insentif fiskal sekaligus bagi mobil listrik, juga bus listrik, demi membuat pertumbuhan penjualan kendaraan setrum itu makin subur.

Fatkhul Maskur

26 Feb 2024 - 18.52
A-
A+
Insentif Fiskal Kembali Ditabur, Pasar Mobil Listrik Makin Subur

Penjualan mobil listrik baterai sepanjang 2023 terbilang masih cukup minim, meski tren pasarnya menunjukkan pertumbuhan kuat. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA–Pemerintah kembali menabur dua insentif fiskal sekaligus bagi mobil listrik, juga bus listrik, demi membuat pertumbuhan penjualan kendaraan setrum itu makin subur.

Insentif fiskal itu berupa diskon pajak pertambahan nilai (PPN), dan bebas pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM). Hebatnya, insentif itu berlaku tidak hanya produk rakitan lokal, tetapi juga disajikan buat mobil yang diimpor secara utuh.

Pemberian diskon PPN itu diatur Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bus Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2024.

Adapun pembebasan PPnBM diatur Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 9 Tahun 2024 tentang Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Impor dan/atau Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.