Intip Sederet Fasilitas Mewah KEK Lido Milik Hary Tanoe

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Bogor, Jawa Barat milik Hary Tanoe ternyata memiliki segudang fasilitas mewah dengan nilai investasi Rp33,4 triliun hingga 2030.

Yanita Petriella

31 Mar 2023 - 20.25
A-
A+
Intip Sederet Fasilitas Mewah KEK Lido Milik Hary Tanoe

Presiden Joko Widodo saat meresmikan KEK Lido

Bisnis, JAKARTA – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Bogor, Jawa Barat milik Hary Tanoe ternyata memiliki segudang fasilitas mewah dengan nilai investasi Rp33,4 triliun hingga 2030.

Kawasan pariwisata yang dikelola PT MNC Land Tbk. (KPIG) ini telah diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (31/3/2023).

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan pihaknya telah memanfaatkan waktu pandemi untuk mempercepat kegiatan pembangunan. Adapun, Lido telah mengantongi status KEK Pariwisata melalui PP No. 69 pada 16 Juni 2021.

Berdasarkan regulasi tersebut, setiap KEK harus sudah memiliki Badan Usaha Pembangunan & Pengelola (BUPP), membangun infrastruktur kawasan, dan memiliki kesiapan SDM dalam kurun waktu maksimal 3 tahun.

“Hasilnya bisa dilihat saat ini, KEK Lido sudah mulai beroperasi dengan hanya membutuhkan waktu 1 tahun 5 bulan, dari batas waktu 3 tahun yang ditetapkan Pemerintah,” ujarnya dikutip dalam siaran pers, Jumat (31/3/2023). 

Sebagai informasi, KEK Lido merupakan KEK pertama di Jabodetabek yang lokasinya dekat dengan Jakarta, melalui akses jalan Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi (Bocimi).

KEK Lido dikembangkan seluas 1.040 hektare merupakan bagian dari total 3.000 hektare kawasan pariwisata MNC Lido City yang akan dibangun secara bertahap. Lokasinya terletak di antara Gunung Salak, Gede, dan Pangrango sehingga udaranya berkisar 22 derajat hingga 25 derajat di ketinggan 600 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga: Mengerem Outflow Devisa Wisata Lewat KEK Lido

Pada pembangunan tahap pertama, saat ini telah dibangun sejumlah sarana atraksi yang siap menjadi daya tarik investasi dan kedatangan wisatawan mancanegara dan nusantara.

Daftar Fasilitas Mewah di KEK Lido:

1. Movieland

Dibangun bersama unit bisnis media MNC Group, PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN), Movieland menjadi kompleks studio outdoor dan indoor terbesar dengan luas 21 hektare.

Adapun, fasilitas Movieland disebut merupakan yang terbaik dan terlengkap bagi para kreator, mulai dari proses pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Movieland didukung dengan infrastruktur dan peralatan produksi end to end berstandar internasional, termasuk berbagai backlot dan fasad.

2. Lapangan Golf 18-Hole, Golf Club, dan Private Clubhouses

Fasilitas ini didesain langsung oleh Ernie Els, salah satu pemain golf sukses dan perancang lapangan golf kelas dunia. Adapun, lapangan golf  ini memiliki 18-hole dengan luas 83 hektare berstandar World Championship.

Dengan pemandangan hijau dari 3 gunung di sekitar lapangan juga dibangun club house mewah rancangan Oppenheim Architecture dengan total Gross Floor Area (GFA) 22.257 meter persegi, lengkap dengan berbagai hiburan, F&B (Food and Beverages), serta fasilitas lain untuk memanjakan para tamu. Trump International Golf Club Lido akan mulai mengoperasikan fasilitas ini pada 2023.

3. Hunian Mewah, Villa Eksklusif, dan Kondominium

Tak hanya hiburan, KEK Lido memiliki area residensial yang akan dikembangkan meliputi sejumlah hunian mewah, villa eksklusif, dan kondominium yang menerapkan standar kelas dunia untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi komunitas high-end dan menjadi pelopor gaya hidup berkualitas.

4. Lido Music & Arts Center

Fasilitas ini akan menjadi world class outdoor venue pertama di Indonesia seluas 5 hektare untuk penyelenggaraan berbagai festival musik dan seni nasional maupun internasional.

Area tersebut akan mendukung kemajuan industri musik dalam negeri dan seni budaya Indonesia, serta membawa musisi dan artis lokal ke panggung berskala internasional.

Venue ini dapat menampung hingga 50.000 penonton dan bisa mengakomodir 4 event yang berbeda secara bersamaan. Terinspirasi oleh Coachella Valley Music and Arts Festival di California, Amerika Serikat. Lido Music & Arts Center akan dibuka pada H1-2023. (Afifah Rahmah Nurdifa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.