Intip Serapan Dana IPO, dari BUKA hingga Emiten Grup Mayapada

Sejumlah emiten telah merealisasikan dana yang dihimpun dari penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) untuk memoles kinerja hingga ekspansi.

Asteria Desi Kartikasari

16 Jan 2023 - 21.06
A-
A+
Intip Serapan Dana IPO, dari BUKA hingga Emiten Grup Mayapada

Karyawati beraktivitas di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari pertama perdagangan saham tahun 2023 di Jakarta, Senin (2/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA—Sejumlah emiten telah merealisasikan dana yang dihimpun dari penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) untuk memoles kinerja hingga ekspansi. 

Misalnya saja, emiten teknologi PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) setidaknya telah menghabiskan dana IPO sebesar Rp7,81 triliun. Dalam keterbukaan informasi, Direktur BUKA Natalia Firmansyah menjabarkan BUKA telah mendapatkan hasil bersih penawaran umum senilai Rp21,3 triliun. Sementara dari jumlah tersebut, sebanyak Rp3,36 triliun telah direalisasikan untuk modal kerja.

Jika diperinci lagi, yang digunakan untuk modal kerja entitas anak usaha sebagai berikut, sebesar Rp964,8 miliar untuk modal kerja entitas anak PT Buka Mitra Indonesia, berikutnya Rp3,45 miliar untuk modal kerja entitas anak PT Buka Usaha Indonesia. Sedangkan sebesar Rp33,1 miliar untuk modal kerja PT Buka Pengadaan Indonesia. Sedangkan, Rp1,05 triliun untuk modal kerja entitas anak Bukalapak Pte. Ltd, serta Rp10,64 miliar digunakan sebagai modal kerja entitas anak PT Five Jack.

Selain itu, e-commerce Bukalapak juga menggunakan dana IPO-nya untuk pertumbuhan dan atau pengembangan usaha BUKA dan entitas anak dan modal kerja entitas anak selain yang sudah disebutkan sebesar Rp3,44 triliun. “Total realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum adalah Rp7,81 triliun,” kata Natalia, Senin (16/1/2023).
 
Dengan realisasi tersebut, maka sisa dana hasil penawaran umum BUKA adalah sebesar Rp13,5 triliun.Berdasarkan rencana penggunaan dana hasil penawaran umum, sebesar Rp7,03 triliun akan digunakan untuk modal kerja BUKA, sebesar Rp3,19 triliun untuk PT Buka Mitra Indonesia, dan Rp3,19 triliun untuk PT Buka Usaha Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Intip Serapan Dana IPO, dari BUKA hingga Emiten Grup Mayapada

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.