Free

Investasi Properti Safe Haven, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, investasi di bidang real estat masih dianggap merupakan salah satu yang aman atau safe haven. Ini sejumlah alasan menjatuhkan pilihan untuk berinvestasi properti.

Redaksi

1 Des 2021 - 17.12
A-
A+
Investasi Properti Safe Haven, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Ilustrasi proyek perumahan yang tengah dalam p;roses pembangunan./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Investasi di properti dianggap merupakan salah satu safe haven atau tempat menaruh uang untuk berkembang yang terbaik di tengah kondisi yang kurang menguntungkan seperti sekarang akibat pandemi Covid-19.

Dengan aset yang dipilih dengan baik, investor dapat menikmati arus kas yang dapat diprediksi, pengembalian yang sangat baik, keuntungan pajak, dan diversifikasi. Memulai investasi properti memungkinkan Anda membangun kekayaan.

Apabil Anda tertarik untuk berinvestasi di sektor ini, berikut beberapa alasan mengapa investasi di sektor properti dianggap sangat menggiurkan seperti dilansir dari Investopedia pada Rabu (1/12/2021).

1. Arus kas

Investasi ini dapat menghasilkan cashflow yang sangat menguntungkan. Pada dasarnya, arus kas merupakan pendapatan bersih dari investasi real estat setelah pembayaran hipotek dan biaya operasional dilakukan.

2. Pemotongan dan pengurangan pajak

Investor properti dapat memanfaatkan berbagai keringanan pajak dan pengurangan yang dapat menghemat uang. Saat ini pemerintah meneapkan pemangkasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk hunian, ruko, dan rukan.

Hal ini juga karena biaya untuk membeli dan meningkatkan properti investasi dapat disusutkan selama masa penggunaannya (27,5 tahun untuk properti residensial dam 39 tahun untuk komersial). Anda akan mendapat manfaat dari penyusutan pengeluaran itu dan menghasilkan lebih banyak uang.

3. Apresiasi/kenaikan harga

Investor properti menghasilkan uang melalui pendapatan sewa, setiap keuntungan yang dihasilkan oleh aktivitas bisnis yang bergantung pada properti yang terapresiasi.

Nilai properti cenderung terus meningkat dan dengan investasi yang baik, Anda dapat menghasilkan keuntungan ketika saatnya untuk menjual. Sewa juga cenderung selalu meningkat, yang dapat menyebabkan arus kas lebih tinggi.

4. Bangun ekuitas dan kekayaan

Ekuitas merupakan jumlah uang yang akan dikembalikan kepada pemegang saham suatu perusahaan apabila seluruh aset perusahaan dicairkan dan seluruh utang perusahaan dibayar.

Ketika Anda membayar hipotek properti, Anda membangun ekuitas, aset yang merupakan bagian dari kekayaan bersih Anda. Saat membangun ekuitas, Anda memiliki daya untuk membeli lebih banyak properti dan meningkatkan arus kas dan kekayaan lebih banyak lagi. (Annasa Rizki Kamalina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.