Investasi Swasta di IKN Nusantara, Benarkah Cuma untuk Oligarki?

Selain prosesnya yang dinilai terburu-buru, muncul tudingan bahwa pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara bernuansa pesanan.

Saeno

31 Jan 2022 - 22.00
A-
A+
Investasi Swasta di IKN Nusantara, Benarkah Cuma untuk Oligarki?

Desain IKN/PUPR

Bisnis, JAKARTA – Rencana perpindahan ibu kota ke Kalimantan Timur masih menyisakan sejumlah pertanyaan. Selain prosesnya yang dinilai terburu-buru, muncul tudingan bahwa pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara bernuansa pesanan. Koalisi Masyarakat Sipil menuding ada pesanan khusus dari kekuatan oligarki.

Koalisi Masyarakat Sipil tersebut terdiri atas Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) Kalimantan Timur, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) dan 17 LBH kantor, Yayasan Srikandi Lestari, Sajogyo institute, dan #BersihkanIndonesia.

Sementara itu, Walhi dalam eksekutif summary soal IKN Report, menyebutkan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) terdapat dua konsesi kehutanan masing-masing berstatus Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu–Hutan Alam (IUPHHK–HA) dan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu–Hutan Tanaman (IUPHHK–HT).

Walhi juga menuliskan terdapat 10 konsesi perkebunan di atas kawasan IKN yakni 8 berada di ring dua dan tiga yakni Kecamatan Samboja dan Muara Jawa serta sisanya di Kecamatan Sepaku. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Investasi Swasta di IKN Nusantara, Benarkah Cuma untuk Oligarki?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.