Investor Abu Dhabi Incar Saham BSI, Perbankan Syariah Nasional Makin Prospektif

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) alias BSI dikabarkan akan kedatangan investor strategis dari Timur Tengah. Apabila benar-benar terealisasi, bagaimana dampaknya terhadap pasar perbankan syariah di Tanah Air?

Fahmi Ahmad Burhan

23 Apr 2024 - 15.19
A-
A+
Investor Abu Dhabi Incar Saham BSI, Perbankan Syariah Nasional Makin Prospektif

Bisnis, JAKARTA — Kabar akan adanya investor strategis baru asal Uni Emirat Arab pada PT Bank Syariah Indonesia Tbk. menjadi angin segar bagi industri perbankan syariah nasional.

Dilansir dari Reuters, investor strategis tersebut kabarnya adalah Abu Dhabi Islamic Bank (ADIB). Sumber yang enggan disebutkan namanya menjelaskan bahwa BSI dan ADIB tengah berdiskusi atas pembelian saham minoritas dengan nilai sekitar US$1,1 miliar.

Akan tetapi, sumber tersebut menegaskan bahwa diskusi masih dalam tahap awal dan belum ada jaminan kesepakatan. Adapun, potensi porsi akuisisi mencapai 15%.

Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Amin Nurdin, mengatakan bahwa akan menjadi kabar bagus apabila ada investor strategis dari Timur Tengah ke BSI. Menurutnya, masuknya investor strategis dari Timur Tengah ke BSI akan memberikan sejumlah dampak bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.