IPC TPK Kelola “Back Up” Area Pelabuhan Talang Duku Jambi

PT IPC Terminal Petikemas atau IPC TPK resmi mengelola back up area di Pelabuhan Talang Duku, Jambi.

Jaffry Prabu Prakoso

11 Apr 2023 - 14.09
A-
A+
IPC TPK Kelola “Back Up” Area Pelabuhan Talang Duku Jambi

PT IPC Terminal Petikemas

Bisnis, JAKARTA – PT IPC Terminal Petikemas atau IPC TPK telah resmi menjalin kerja sama dengan Pelindo Regional II Jambi terkait pengoperasian back up area di Pelabuhan Talang Duku, Jambi. 

Kolaborasi ini telah diresmikan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama oleh Direktur Utama PT IPC Terminal Petikemas, Guna Mulyana dan General Manager Pelindo Regional II Jambi, Ahmad Fahmi di Kantor Pelindo Regional II Jambi, Senin (10/4/2023).

Manager IPC TPK Area Jambi Anang Subagyono mengatakan bahwa back up area Pelabuhan Talang Duku nantinya akan menjadi pendukung layanan bongkar muat di terminal petikemas Area Jambi untuk peningkatkan produktivas dan efisiensi layanan. 


Ilustrasi aktivitas bongkar muat peti kemas di pelabuhan. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti


Dia menjelaskan bahwa IPC TPK telah resmi mengelola back up area Pelabuhan Talang Duku terhitung sejak 1 April 2023. Anang menuturkan bahwa sebelumnya back up area tersebut dikelola oleh Pelindo Regional 2 Talang Duku. 

Baca juga: RUTE PROGRAM TOL LAUT : Skema Anyar Kapal Berlayar

Dia menjelaskan bahwa back up area tersebut akan menjadi layanan tambahan yang dihadirkan perusahaan untuk memudahkan para pengguna jasa dalam melakukan penyiapan kargo sebelum dimuat ke atas kapal. Hal ini diharapkan akan meningkatkan efisiensi baik dari segi waktu maupun biaya operasi. 

“Adanya integrasi layanan dimaksud juga diharapkan dapat memastikan standardisasi layanan yang diberikan kepada pengguna jasa,” jelas Anang dalam siaran pers, Selasa (11/4/2023). 

Baca juga: Proyek Tol Akses Patimban Mulai Dibangun Bakal Selesai di 2024

Adapun, IPC TPK menyediakan beberapa jenis layanan jasa pada back up area tersebut. Anang mengatakan bahwa sejumlah layanan yang disediakan antara lain stuffing, stripping, receiving, delivery, serta penumpukan peti kemas.


Menurut Anang, para pengguna jasa beserta asosiasi menyambut baik adanya serah operasi back up Area Talang Duku kepada IPC TPK. Integrasi layanan ini akan memberikan jaminan atas kesiapan muatan petikemas sehingga dapat memberikan benefit bagi pengguna jasa khususnya shipping line terkait kepastian jadwal keberangkatan kapal dan juga menekan lamanya waktu di pelabuhan. 

“Diharapkan layanan baru IPC TPK dapat terus memberikan kontribusi pada efisiensi bongkar muat dan mendorong pertumbuhan perekonomian khususnya di wilayah Jambi” pungkas Anang. (Lorenzo Anugrah Mahardhika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.