Free with Login

IPK 2021 Meningkat, Kinerja Pemberantasan Korupsi Belum Baik

Meski capaian IPK 2021 mengalami kenaikan baik skor maupun peringkat, tetapi Indonesia masih menghadapi masalah dalam mengubah persepsi publik terhadap korupsi di internal pemerintahan.

Akhirul Anwar

26 Jan 2022 - 12.30
A-
A+
IPK 2021 Meningkat, Kinerja Pemberantasan Korupsi Belum Baik

Bisnis, JAKARTA — Capaian Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2021 menjadi momentum perbaikan tata kelola layanan publik serta penguatan integritas dan kredibilitas, sehingga pemerintah dapat mempercepat pemulihan ekonomi.

Berdasarkan rilis Transparency International Indonesia (TII), Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia meningkat dari skor 37 pada 2020 menjadi 38 pada 2021 dengan perbaikan peringkat dari 102 menjadi 96.

Dari sembilan indeks komposit yang membentuk IPK, Indonesia mengalami penurunan pada tiga sumber indeks, stagnan tiga lainnya, dan mengalami kenaikan signifikan pada tiga sumber indeks yaitu World Economic Forum, Global Insight, dan IMD world competitiveness.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa seluruh jajaran pemerintah agar tidak lengah dalam pencapaian bidang tata kelola pemerintah dan hukum walaupun dalam masa pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Akhirul Anwar & Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.