IPO 2023: Kala Emiten Bimbel BMBL Memilih Masuk Bursa

PT Lavender Bina Cendikia Tbk. (BMBL) menjadi emiten pertama di sektor pendidikan, khususnya bimbingan belajar, yang melantai di Bursa Efek Indonesia. Kinerja sahamnya di hari pertama sangat mengecewakan, tetapi perseroan yakin prospek bisnisnya bakal menjanjikan untuk jangka panjang.

Emanuel Berkah Caesario

11 Jan 2023 - 18.10
A-
A+
IPO 2023: Kala Emiten Bimbel BMBL Memilih Masuk Bursa

Suasana pembelajaran di Bimbel Lavender yang dikelola oleh PT Lavender Bina Cendikia Tbk. (BMBL). Sumber: bimbellavender.com

Bisnis, JAKARTA — Nasib PT Lavender Bina Cendikia Tbk. kurang beruntung di hari pertama transaksi sahamnya usia tercatat di Bursa Efek Indonesia hari ini, Rabu (11/1/2023). Meski begitu, manajemen perusahaan punya rencana dalam pengembangan bisnis yang berpotensi meningkatkan kinerja jangka panjang perusahaan.

Segera setelah dibuka, saham emiten berkode BMBL ini langsung anjlok terkena auto rejection bawah (ARB) atau turun 9,57 persen dari level Rp188 menjadi Rp170. Kondisi ini bertahan hingga akhir penutupan perdagangan hari ini.

Tercatat, saham emiten pendidikan bimbingan belajar (bimbel) dan konseling swasta ini ditransaksikan sebanyak 3.123 kali dengan nilai Rp3,69 miliar. Total jumlah saham yang ditransaksikan mencapai 21,45 juta lembar. Dengan penurunan harga tersebut, nilai kapitalisasi pasar BMBL menjadi tinggal Rp175,1 miliar.

Saham ini sejatinya mendapatkan minat yang cukup tinggi dari investor saat proses penawaran umum dalam rangka initial public offering (IPO). Menurut keterangan manajemennya, sahamnya mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribe hingga 47 kali dari total penjatahan terpusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

IPO 2023: Kala Emiten Bimbel BMBL Memilih Masuk Bursa

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.