IPO 2023: yang Panen Besar hingga yang Untung dan Buntung

Mayoritas emiten pendatang baru 2023 mengalami penurunan harga. Meski begitu, di antara emiten-emiten yang berkinerja positif, beberapa sukses naik ribuan persen dibanding harga IPO. Sejumlah kalangan pun optimistis terhadap prospek IPO 2024 mendatang.

Rizqi Rajendra

27 Des 2023 - 18.48
A-
A+
IPO 2023: yang Panen Besar hingga yang Untung dan Buntung

Bisnis, JAKARTA — Tahun 2023 mengukir sejarah baru di pasar modal Indonesia, sebab jumlah emiten pendatang baru tahun ini memecahkan rekor tertinggi sepanjang sejarah pasar modal Indonesia. Namun, tidak semua emiten-emiten anyar ini bernasib sama usai melantai di Bursa.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), hingga hari ini, Rabu (27/12/2023), jumlah emiten baru di pasar modal telah mencapai 79 emiten. Emiten terakhir yang tercatat adalah PT Maja Agung Latexindo Tbk. (SURI) yakni pada 7 Desember 2023.

Rekor sebelumnya terjadi pada tahun 1990, yakni sebanyak 66 emiten. Dengan kata lain, setelah lebih dari 3 dekade, rekor tersebut baru berhasil dilampaui tahun ini.

Nilai penggalangan dana pun tak kalah tingginya, yakni Rp54,14 triliun. Jumlah itu melesat signifikan dibandingkan tahun 2022 yang sebanyak 59 emiten dengan dana yang dihimpun Rp33,06 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

IPO 2023: yang Panen Besar hingga yang Untung dan Buntung

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.