IPO BUMN 2023, Ditantang Pasar Ditolak DPR

Setelah cukup lama absen dari pasar modal, Kementerian BUMN berencana membawa empat anak usaha BUMN ke lantai bursa tahun depan melalui aksi IPO. Namun, langkah ini dinilai bakal sangat menatang. DPR pun tidak sepenuhnya memberikan restu.

Emanuel Berkah Caesario

14 Des 2022 - 14.18
A-
A+
IPO BUMN 2023, Ditantang Pasar Ditolak DPR

Ilustrasi IPO. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Rencana Kementerian BUMN untuk mengantarkan empat korporasi keluarga BUMN untuk melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) di pasar modal pada 2023 mendatang bakal dihadang oleh tantangan pasar yang berat serta keberatan DPR RI.

Kementerian BUMN berencana untuk membawa empat korporasi anak usaha BUMN ke lantai bursa tahun depan. Keempat perusahaan tersebut terdiri atas dua perusahaan di sektor energi yakni PT Pertamina Geothermal Energy dan PT Pertamina Hulu Energi, serta dua di sektor pertanian yakni PT Pupuk Kalimantan Timur dan Palm Co.

Wakil Menteri I BUMN Pahala N. Mansury menerangkan bahwa langkah IPO kedua kelompok usaha ini merupakan bentuk upaya pemerintah untuk mendukung ketahanan pangan dan energi di Indonesia.

"Di ketahanan energi, kami berupaya menurunkan crude minyak mentah, tingkatkan cadangan migas nasional, tingkatkan bauran EBT, sambil mendukung peningkatan kapasitas yang mengurangi emisi karbon juga," jelasnya dalam Rapat Kerja di Komisi VI DPR, Rabu (7/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

IPO BUMN 2023, Ditantang Pasar Ditolak DPR

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.