IPO & Opsi Murah Galang Dana Jumbo?

Melantai di bursa saham atau initial public offering (IPO) dinilai menjadi opsi murah untuk menggalang pendanaan, seiring dengan kondisi ekonomi global yang masih dibayangi tingginya inflasi, suku bunga, hingga resesi.

Asteria Desi Kartikasari

22 Jul 2023 - 12.50
A-
A+
IPO & Opsi Murah Galang Dana Jumbo?

Bisnis, JAKARTA— Melantai di bursa saham atau initial public offering (IPO) dinilai menjadi opsi murah untuk menggalang pendanaan, seiring dengan kondisi ekonomi global yang masih dibayangi tingginya inflasi, suku bunga, hingga resesi.

Kondisi tersebut membuat aksi IPO pada 2023 masih cukup marak.Berdasarkan data statistik mingguan pasar modal yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sampai dengan pekan keempat Juni 2023, sudah ada 41 perusahaan resmi melantai di bursa dengan penggalangan dana sebesar Rp43,76 triliun. 

Jumlah dan nilai penggalangan dana itu melonjak signifikan jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy). Pada pekan keempat Juni 2022, hanya ada 19 perusahaan yang melantai di bursa dengan nilai sebesar Rp17,73 triliun.

 Associate Director Pilarmas Investindo Maximilianus Nicodemus menuturkan IPO menjadi opsi murah perusahaan untuk mengumpulkan dana jumbo di tengah kondisi global yang masih menantang. Apalagi, Indonesia masih mampu bertahan bahkan mampu menjadi salah satu negara yang mampu menjaga denyut pemulihan ekonomi di tengah ketidakpastian ekonomi dunia. Hal ini yang akhirnya membuat perusahaan berupaya mencari alternatif pendanaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.