IPOC 2022: Uji Tangguh Kembali Ekspor Sawit Kala Terancam Resesi

Di tengah ancaman resesi pada 2023, kinerja ekspor Tanah Air diproyeksi masih kompetitif yang didukung oleh prospek harga crude palm oil (CPO) yang berada pada level tinggi sehingga mampu menopang kinerja dagang.

Asteria Desi Kartikasari

4 Nov 2022 - 20.57
A-
A+
IPOC 2022: Uji Tangguh Kembali Ekspor Sawit Kala Terancam Resesi

Ilustrasi Refined, bleached, and deodorized (RBD) palm oil sebagai bahan baku minyak goreng/ The Edge Markets

Bisnis, NUSA DUA— Di tengah ancaman resesi pada 2023, kinerja ekspor Tanah Air diproyeksi masih kompetitif yang didukung oleh prospek harga crude palm oil (CPO) yang berada pada level tinggi sehingga mampu menopang kinerja dagang.

Mengacu data Badan Pusat Statistik pada Oktober 2022, surplus neraca dagang RI terjadi selama 29 bulan berturut-turut dengan nilai akumulasi mencapai US$39,87 miliar atau melampaui surplus neraca dagang pada puncak boom komoditas pada 2011. 

Meskipun harus menghadapi ancaman resesi, komoditas CPO masih dianggap tahan banting terhadap sentimen itu akibat keseimbangan permintaan dan pasokan. Apalagi, Indonesia sebagai salah satu produsen sawit terbesar memiliki pasokan kokoh yang didukung oleh insentif seperti tarif 0 bea ekspor.

Sementara produsen sawit terbesar lainnya, dari negara tetangga, Malaysia menghadapi tantangan dari sisi keterbatasan SDM perkebunan sehingga turut memoles prospek harga CPO tahun depan kendati tak setinggi pada tahun ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

IPOC 2022: Uji Tangguh Kembali Ekspor Sawit Kala Terancam Resesi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.