Iran dan Peluang RI Memperluas Ekspor ke Timur Tengah

Kementerian Perdagangan mendorong pengesahan perjanjian kerja sama Indonesia - Iran Preferential Trade Agreement lewat Peraturan Presiden. Kenapa?

Dwi Rachmawati & Rayful Mudassir

8 Jul 2024 - 22.13
A-
A+
Iran dan Peluang RI Memperluas Ekspor ke Timur Tengah

Aktivitas bongkar muat peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Indonesia berpeluang memperbesar pangsa pasar ekspor ke Timur Tengah bila pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) pengesahan Indonesia - Iran Preferential Trade Agreement (II-PTA).

II PTA telah ditandatangani oleh para menteri perdagangan kedua negara pada 23 Mei 2023 setelah melalui 7 putaran perundingan yang dimulai sejak November 2010. Setelahnya, Presiden diharapkan menerbitkan Perpres untuk mengesahkan kesepakatan itu.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menjelaskan bahwa alasan pengesahan II PTA melalui Perpres ditujukan agar perjanjian dagang itu bisa lebih cepat diimplementasikan sesuai target yaitu pada Januari 2025.

"II PTA diharapkan bisa disahkan lewat Perpres sehingga manfaatnya bisa segera kita peroleh dan dimanfaatkan pelaku usaha," ujar Zulhas dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR-RI, Senin (8/7/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.